TNI AL Rekrut 500 Personel Komponen Cadangan Tahun Ini

Riezky Maulana ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 22:08:00 WIB
TNI AL Rekrut 500 Personel Komponen Cadangan Tahun Ini
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan pihaknya akan merekrut personel Komponen Cadangan (Komcad) pada tahun 2022 ini. Adapun jumlah yang akan direkrut mencapai 500 orang. 

Akan tetapi, waktu perekrutan belum ditentukan secara pasti. TNI AL belum menerima arahan lebih lanjut dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) terkait hal ini.

"Kita dapat jatah 500 nanti. Belum ada direktif dari Kemhan. Pokoknya Komcad TNI AL Tahun 2022 ini," kata Yudo, Kamis (27/1/2022). 

Lokasi pendaftaran Komcad rencananya akan digelar di berbagai Lantamal (Pangkalan Utama TNI AL), seperti perekrutan personel TNI AL pada umumnya. Lalu untuk gelaran pendidikan, rencananya akan dilakukan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL  (Kodiklatal) maupun Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar). 

"Nanti di Lantamal-Lantamal, sama seperti pendaftaran Angkatan Laut. Dan nanti kan pasti akan kita telegramkan. Nanti pendidikannya di Kodiklatal sama di Kodikmar," ucapnya. 

Para personel Komcad juga akan mendapatkan pelatihan mengawaki kapal. Namun, yang diawaki adalah kapal sipil yang dapat mendukung tugas pokok TNI AL. 

"Nantinya dia akan mengawaki kapal sipil sebagai komponen cadangan. Komponen cadangan AL ini kalau alutsista kan kapal-kapal tanker, kapal angkut yang nantinya mendukung tugas pokok," kata Yudo.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: