Tol Cikampek Macet Parah, Jasa Marga Buka Tutup Rest Area

Aditya Pratama ยท Minggu, 09 Juni 2019 - 16:15 WIB
Tol Cikampek Macet Parah, Jasa Marga Buka Tutup Rest Area

Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama pada H+4 Lebaran atau Minggu (9/6/2019) siang. (Foto: iNews.id/Masirom).

JAKARTA, iNews.id, – PT Jasa Marga memberlakukan buka tutup di tempat istirahat (rest area) Tol Jakarta-Cikampek untuk mengurangi kemacetan selama arus balik Lebaran 2019. Pemberlakukan buka tutup rest area dilakukan secara situasional saat terjadi kepadatan selama rekayasa lalu lintas satu arah (one way) berlangsung secara bersamaan.

"Rest area yang dilakukan buka tutup yakni rest area yang berpotensi menimbulkan titik-titik kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta seperti rest area KM 62B, KM 52B, KM 42B, dan KM 32B. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan efektivitas rekayasa lalu lintas one way," ujar Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/6/2019).

Irra mengimbau kepada pemudik agar sebisa mungkin menghindari rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan memenuhi kebutuhan dasar seperti pengisian BBM, ke toilet, dan menyiapkan perbekalan di rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan rest area sesuai dengan kebutuhan dan bersikap bijak dalam menghabiskan waktu di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya.

Sebelumnya Jasa Marga memberlakukan one way mulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sampai dengan KM 29 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta mulai pukul 08.24 WIB.

Kendati demikian, kemacetan panjang tetap terjadi. Pantauan iNews.id, laju kendaraan mulai tersendat di Tol Cipali km 75 atau 5 kilometer (km) menjelang Gerbang Tol Cikampek Utama. Kemacetan dipicu antrean pengendara yang membayar tol. Setelah Gerbang Tol Cikampek Utama, laju kendaraan sempat


Editor : Zen Teguh