Tsunami Selat Sunda, Baznas Kirim Tim Tanggap Bencana ke Banten

Aditya Pratama ยท Minggu, 23 Desember 2018 - 10:55 WIB
Tsunami Selat Sunda, Baznas Kirim Tim Tanggap Bencana ke Banten

Logo Baznas (ilustrasi). (Foto: iNews.id/Dok.)

JAKARTA, iNews.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengirim tim tanggap bencana ke Pantai Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, untuk memberikan bantuan kepada korban tsunami yang menerjang kawasan tersebut pada Sabtu (22/12/2018) malam. Tim tersebut terdiri atas sepuluh personel yang tergabung dari Baznas Tanggap Bencana (BTB) Pusat, BTB Banten, dan petugas medis dari Rumah Sehat BAZNAS (RSB) Jakarta, dilengkapi dengan dua ambulans dan mobil rescue.

Hari ini, tim menuju Tanjung Lesung untuk membantu melakukan evakuasi dan pertolongan medis bagi para korban baik warga sekitar maupun wisatawan. Itu idkarenakan pada saat kejadian banyak wisatawan berlibur memanfaatkan masa libur panjang.

“Kami telah berkoordinasi dengan lembaga penanggulangan bencana lainnya untuk segera melakukan evakuasi korban yang belum ditemukan,” ungkap Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (23/12/2018).

BACA JUGA: PT ASDP Pastikan Pelayanan Normal Menyusul Tsunami Selat Sunda

Selanjutnya, kata dia, BTB akan mendirikan posko layanan bagi para korban dan menyediakan berbagai kebutuhan.

Tsunami di Selat Sunda menerjang Provinsi Banten dan Lampung. Menurut data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban tewas dalam musibah itu diperkirakan 43 orang. Di Kabupaten Pandeglang, tercatat 33 meninggal dan 491 orang luka-luka. Sementara di Kabupaten Serang tiga meninggal, empat luka dan dua hilang. Di Lampung Selatan sebanyak 7 orang dan 89 luka-luka.


Editor : Ahmad Islamy Jamil