Tuan Guru Bajang Ungkap Asal Usul Halalbihalal, Ternyata Ini Alasannya

Heri Purnomo ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 19:56:00 WIB
 Tuan Guru Bajang Ungkap Asal Usul Halalbihalal, Ternyata Ini Alasannya
Tuan Guru Bajang, Dr. H. Muhammad Zainul Majdi (kanan) bersama Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, di acara Halalbihalal MNC Group 2022, di Jakarta, Jumat (20/5/2022). (Foto: MPI/Heri Purnomo)

JAKARTA, iNews.id - Tuan Guru Bajang, Dr. H. Muhammad Zainul Majdi, mengungkap asal usul halalbihalal yang ternyata tidak berkaitan dengan satu doktrin keimanan. 

Hal itu, disampaikan Tuan Guru Bajang saat menghadiri acara Halalbihalal MNC Group 2022, di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Menurut dia, lahirnya halalbihalal adalah sebagai upaya untuk membangun suasana kebatinan yang nyaman bagi rakyat Indonesia. Tradisi itu mulai ada di zaman pemerintahan Presiden Soekarno. 

Dia menjelaskan, saat itu ada perdebatan publik bahkan memicu tensi politik yang tinggi. Tokoh Kiai Haji Abdul Wahab kemudian mengusulkan kepada Bung Karno untuk membuat satu momen supaua ada momen untuk relaksasi sosial. 

"Supaya tensi yang tinggi itu bisa mereda, supaya ujaran ujaran yang saling bantah di ruang publik itu berganti menjadi hal yang simpatik, maka diusulkan halalbihalal," ujar Tuan Guru Bajang.

Menurut dia, upaya itu ternyata berhasil meredam berbagai perdebatan publik dan tensi politik saat itu. Terkait dengan itu, Tuan Guru Bajang menilai halalbihalal adalah satu bukti yang sangat kongkrit karena tidak hanya terkait dengan satu doktirn keimanan saja. 

Menurut dia, Esensi Halalbihalal adalah saling memaafkan, tidak lagi siapa yang minta maaf dan yang memaafkan. "Ketika halalbihalal, saling memafkan Itu tidak lagi bertanya siapa lagi yang bersalah, tapi kita harus membuka hati untuk saling memafkan," ujar Tuan Guru Bajang. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: