UI Jadi Universitas Terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics

Neneng Zubaedah · Rabu, 12 Januari 2022 - 10:51:00 WIB
UI Jadi Universitas Terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics
Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. (Foto: Instagram @univ_indonesia)

JAKARTA, iNews.id - Universitas Indonesia (UI) mendapatkan peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia 2022. Hal ini berdasarkan lembaga pemeringkat Webometrics Ranking of World Universities edisi Januari 2022.

Selain menjadi universitas terbaik di Indonesia, UI juga menjadi universitas terbaik ke-9 di Asia Tenggara dan ke-728 di dunia. Peringkat universitas terbaik di dunia ini naik satu angka dibanding Juli 2021 di urutan ke-729.

Rektor UI Ari Kuncoro mengaku keberhasilan UI menjadi universitas terbaik di Indonesia 2022 karena mampu memenuhi persyaratan penilaian Webometrics berdasarkan tiga indikator, yakni visibility atau web contents impact, transparency atau openness dan dan excellence atau scholar.

Webometrics adalah sistem pemeringkat berdasarkan website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia. Webometrics melakukan penilaian berdasarkan aspek kehadiran dan visibilitas web sebagai indikator kinerja global sebuah universitas.

“Semoga kabar baik yang mengawali catatan prestasi UI pada tahun 2022 ini, di mana Webometrics menempatkan UI sebagai peringkat pertama, akan diikuti prestasi lainnya dari lembaga perangkingan global. Target UI bukan hanya di level Indonesia, namun ke tingkat Asia Tenggara, bahkan Asia,” kata Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), yakni badan penelitian publik terbesar di Spanyol, terhadap lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di dunia. 

Apakah kamu tertarik masuk universitas terbaik di Indonesia 2022 ini?

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda