Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Contoh Teks Pranatacara Tahlilan Bahasa Indonesia, Singkat Mudah Dihafal!
Advertisement . Scroll to see content

Unsur-Unsur Iklan, Ciri, Jenis Beserta Penjelasannya Lengkap!

Jumat, 16 Desember 2022 - 15:56:00 WIB
Unsur-Unsur Iklan, Ciri, Jenis Beserta Penjelasannya Lengkap!
Ilustrasi Unsur-unsur iklan (Freepik)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Unsur-unsur iklan termasuk materi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di bangku sekolah. Jenis-jenisnya pun ada beberapa macam. Apa saja unsurnya?

Unsur iklan biasanya terdapat dalam teks informasi dan merupakan teks yang ditulis berdasarkan data faktual. Tujuan penulisan teks itu adalah untuk menambah wawasan, pengalaman, dan lugas. 

Jelaskan Unsur-unsur Iklan!

Iklan adalah berita atau pesan yang dibuat sedemikian rupa. Tujuannya untuk mendorong dan membujuk masyarakat masyarakat agar tertarik dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan. 

Iklan mengandung teks pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca agar melakukan apa yang dikehendaki.  Iklan tidak berpatok kepada produk, tetapi juga pada informasi, dan juga ajakan kepada para pembaca. 

Iklan juga dapat disampaikan melalui media komunikasi massa, seperti koran, majalah, televisi, radio, internet, dan lain-lain. Iklan biasanya dibuat singkat, padat dan berisi untuk mengurangi beban biaya karena pembuatan iklan.

Pasalnya, iklan di media massa biasanya dibatasi oleh ruang atau tempat, dan iklan di media digital dibatasi oleh durasi. 

Jenis-Jenis Iklan 

Agar semakin paham unsur-unsur iklan, pelajari juga macam-macam jenisnya terlebih dahulu, seperti dikutip dari buku ‘Prediksi Akurat ANBK SD/MI 2021/2022 Paket 1’ terbitan BMedia, Jenis iklan berdasarkan isinya sebagai berikut:

1. Iklan pemberitahuan (pengumuman), yaitu jenis iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan tertentu 

2. Iklan penawaran (niaga), yaitu jenis yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai, agar dibeli target konsumennya.

3. Iklan layanan masyarakat, yaitu jenis iklan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pencerahan mengenai suatu hal, biasanya diterbitkan oleh instansi atau lembaga pemerintahan. 

Jenis iklan berdasarkan medianya sebagai berikut: 

1. Iklan cetak, yaitu jenis yang dibuat dan dipasangkan menggunakan teknik cetak, biasanya berupa print, salon, inkjet dan lain-lain.

2. Iklan elektronik, yaitu iklan yang menonjolkan video dan audio sebagai media penyampaian pesan yang ada pada iklannya. 

3. Iklan internet, yaitu jenis iklan yang disampaikan melalui media internet. Jenis iklan internet termasuk dalam iklan elektronik, tetapi karena masih sangat masif, maka menjadi kategori tersendiri.

4. Iklan luar ruangan, yaitu jenis iklan yang medianya mencangkup masyarakat yang berada di luar rumah. Jenis iklan ini termasuk dalam bagian iklan cetak, tetapi sering dikategorikan sendiri karena segmentasinya berbeda dan sering kita temui di jalan. 

Ciri-Ciri Iklan 

- Informatif 
- Komunikatif 
- Bahasanya singkat dan padat 
- Menarik 

Bentuk-Bentuk Iklan 

a. Iklan baris 
Iklan baris yaitu iklan kecil berisi penawaran atau informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. 

b. Iklan kolom 
Iklan kolom adalah iklan yang pembuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar. 

c. Iklan media cetak 
Iklan media cetak adalah penggunaan bahasa tertulis di dalam penyampaian pesan-pesannya. 

d. Iklan elektronik 
Jenis dari iklan elektronik adalah iklan radio, televisi, internet dan film.

Unsur-unsur Iklan 

Melansir buku ‘Super Complete SMP/MTs 7,8,9 ’ terbitan Sahabat Pelajar Cerdas, 

1. Perhatian, iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

2. Minat, saetelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3. Keinginan, suatu cara untuk menggerakkan keinginan suatu konsumen

4. Percaya diri, untuk mendapatkan rasa percaya diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata. 

5. Tindakan, tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Demikian penjelasan tentang unsur-unsur iklan,ciri, jenis dengan lengkap. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian ya!

Editor: Puti Aini Yasmin

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut