Wabah Corona, Pemerintah Diminta Berikan Penghargaan Tenaga Medis yang Meninggal

Riezky Maulana · Rabu, 25 Maret 2020 - 10:46 WIB
Wabah Corona, Pemerintah Diminta Berikan Penghargaan Tenaga Medis yang Meninggal

Ilustrasi, tim medis sedang menangani pasien virus corona. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah diminta memberikan penghargaan kepada tenaga medis yang meninggal saat menangani pasien virus corona (Covid-19). Para petugas medis itu dinilai sebagai pahlawan yang berada di garis depan dalam menghadapi wabah virus corona.

Anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen mengatakan, penghargaan bisa diberikan berupa tanda jasa kehormatan atau lainnya. Penghargaan tersebut merupakan bentuk perhatian dan kesungguhan negara mendukung perjuangan segenap kader terbaik bangsa di masa krisis.

"Saya mengusulkan kepada Presiden agar para tenaga medis yang berjuang di front-line mendapatkan perhatian dan penghargaan setinggi-tingginya," ujar Nabil di Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Dia juga mendorong percepatan tes massal (rapid test) kepada warga untuk meminimalisasi penyebaran virus corona. Melalui peta epicentrum virus corona, kata dia akan bisa dipetakan langkah cepat penanggulangan virus tersebut.

Selain itu, pihak swasta juga diharapkan ikut membantu pengadaan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis yang menangani pasien virus corona.

"Semoga pandemik Covid-19 segera berlalu dan kita semua bisa melewati ini dengan kesehatan dan ketabahan, seraya tetap semangat dengan saling membantu dan saling mendoakan," katanya.


Editor : Kurnia Illahi