Wapres Ma'ruf Amin Imbau Masyarakat Tak Mudik saat Lebaran 2020

Antara ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 19:35 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Imbau Masyarakat Tak Mudik saat Lebaran 2020

Wapres Ma`ruf Amin menyampaikan hasil pertemuan dengan sejumlah menteri dan kepala lembaga negara di rumah dinasnya, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020) pagi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menetapkan status tanggap darurat bencana corona hingga akhir Mei 2020. Oleh sebab itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta masyarakat tak mudik ke kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Wapres menyebut arus mudik membuat potensi penyebaran semakin tinggi karena banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum. Menurutnya potensi penularan bisa terjadi dalam kerumunan saat perjalanan.

"Ada risiko penularan jika warga berada di kampung halaman," katanya dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Ma'ruf menyebut perkembangan teknologi saat ini memungkinkan silaturahmi tanpa bertatap muka. Hal itu menurutnya diatur juga dalam agama.

"Kalau ada maslahat yang bisa kiita dapat tetapi ada bahay maka prinsipnya menolak bahaya harus lebih didahulukan," ujarnya.

Pemerintah hingga kini masih mempertimbangkan apakah pesan agar tidak mudik masih bersifat larang atau sekadar imbauan untuk mencegah penyebaran virus corona. Kementerian Perhubungan juga telah meniadakan mudik gratis pada Lebaran 2020 yang diikuti BUMN atau pihak swasta lainnya untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Dalam rapat terbatas kabinet yang akan datang akan dibicarakan apakah pemerintah melarang mudik atau masih bersifat imbauan," ucapnya.


Editor : Rizal Bomantama