Wapres: Pesantren dan Asrama di Zona Hijau dan Kuning Bisa Kembali Dibuka

Felldy Utama ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 17:46 WIB
Wapres: Pesantren dan Asrama di Zona Hijau dan Kuning Bisa Kembali Dibuka

Wakil Presiden Ma`ruf Amin (dok Instagram Ma`ruf Amin)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebutkan pemerintah akan membuka kembali pondok pesantren dan asrama bagi nonmuslim yang berada di zona hijau dan kuning penyebaran pandemi virus corona (Covid-19). Keputusan tersebut diambil setelah orang nomor 2 di Indonesia ini menggelar pertemuan intensif bersama sejumlah menteri dan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal (Letjen) TNI Doni Monardo.

Kabar tersebut disampaikan langsung Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi. Dia menyampaikan pada intinya pertemuan tersebut memutuskan penyelenggaran pendidikan di pesantren dan asrama bisa dimulai.

"Utamanya di zona hijau dan kuning. Namun tetap harus aman dari Covid-19. Artinya harus mengutamakan aspek kesehatan dan infrastruktur agar pesantren dan asrama tidak menjadi cluster penyebaran virus," katanya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Pesantren dan asrama yang berada di zona merah namun pendidikannya sudah berjalan, Masduki meminta, tetap harus berkoordinasi dengan gugus tugas setempat. Begitu pun pesantren di zona merah namun hendak memulai kegiatan pendidikannya tetap harus koordinasi dengan gugus tugas.

Pemerintah, menurut dia, untuk jangka panjang akan melakukan investasi jaring infrastruktur untuk menyiapkan kegiatan distance learning bagi pendidikan pesantren dan asrama. Hal tersebut untuk mengatasi tidak optimalnya pembelajaran online karena kondisi infrastruktur yang tidak memadai.

"Begitu juga dengan metode pembelajarannya harus diperbaiki," ujar Masduki.

Pertemuan itu berlangsung dari pukul 14.00-16.00 WIB. Turut hadir dalam pertemuan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Kuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Agama (Menag) Fachrul Fazi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa, Pembanguna Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar, dan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo.

Editor : Djibril Muhammad