Warna Sekunder: Pengertian, Jenis dan Contoh Pencampurannya

puti aini yasmin ยท Senin, 17 Januari 2022 - 12:41:00 WIB
Warna Sekunder: Pengertian, Jenis dan Contoh Pencampurannya
warna sekunder (screenshot buku)

JAKARTA, iNews.id - Ada jenis-jenis warna di dunia, salah satunya warna sekunder. Agar semakin paham, berikut pengertian dan jenis warna sekunder.

Warna sekunder berbeda dengan warna primer yang merupakan 'orang tua' dari warna-warna lainnya. Warna primer terdiri atas merah, kuning, dan biru.

Apa Itu Warna Sekunder Berikan Contohnya?

Melansir buku 'Paduan Warna Menarik untuk Rumah' terbitan Griya Kreasi, warna sekunder adalah campuran dari dua warna primer. Sederhananya, jenis warna ini adalah penurunan dari warna primer.

Adapun, warna sekunder merupakan campuran dari warna-warna primer yang terletak tepat di tengah warna primer. Warna ini tetap memiliki sifat dan karakter yang kuat meskipun tak sekuat primer. 

Warna Sekunder Itu Apa Saja?

Ada tiga jenis warna sekunder yang dihasilkan dari warna primer, yakni pencampuran warna merah dan kuning maka akan menghasilkan warna sekunder oranye.

Kemudian warna kuning dan biru akan menghasilkan hijau. Selain itu, warna merah dan biru akan menjadikan warna ungu. Pencampuran warna sekunder dan pencahayaan akan menghasilkan warna yang indah.

Warna sekunder sendiri cocok dipakai untuk interior restoran cepat saji, ruang orang dewasa dan juga kombinasi untuk ruang anak-anak. Semua tergantung dengan selera.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel: