Waspada Cuaca Ekstrem Terjadi Akhir 2017 hingga Awal 2018

Richard Andika Sasamu ยท Selasa, 05 Desember 2017 - 16:53 WIB
Waspada Cuaca Ekstrem Terjadi Akhir 2017 hingga Awal 2018

Waspada cuaca ekstrem terjadi di Indonesia. (Foto: iNews.id/ Ilustrasi).

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperingatkan masyarakat agar waspada menghadapi cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi akhir 2017 dan awal 2018.

Masyarakat juga diimbau mewaspadai meningkatnya intensitas hujan karena berpotensi menimbulkan bencana banjir dan longsor. Berdasarkan data Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG), pada 4-12 Desember wilayah Jawa seperti Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur akan ditimpa hujan lebat.

Cuaca terik di Jakarta akhir-akhir ini diharapkan tidak dijadikan patokan bahwa akan terjadi hujan lebat. Kondisi tersebut hanyalah peralihan menuju musim hujan lebat.

"Di situ kita harus siap mengantisipasi banjir dan longsor,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

BACA JUGA: Cuaca Buruk, Nelayan Cirebon Tak Berani Melaut

Dia meminta masyarakat mewaspadai ketika cuaca tiba-tiba berubah dari terik menjadi sejuk, adem dan tiba-tiba mendung disertai awan gelap tergulung. Dia memperkirakan, satu sampai tiga jam kemudian bisa terjadi hujan disertai angin kencang atau badai.

Maka itu dia mengimbau masyarakat jangan bernaung di bawah pohon atau baliho ketika kondisi tersebut terjadi, karena berisiko tertimpa.


Editor : Kurnia Illahi