Wujudkan Pemerintahan Bersih, Ma'ruf Amin Minta Keterbukaan Informasi ke Masyarakat

Dita Angga · Selasa, 28 September 2021 - 11:46:00 WIB
Wujudkan Pemerintahan Bersih, Ma'ruf Amin Minta Keterbukaan Informasi ke Masyarakat
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut pemerintahan yang bersih tercermin dari kerterbukaan infomasi publiknya (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan pemerintahan yang bersih tercermin dari kerterbukaan infomasi publiknya. Hal ini disampaikan Maruf pada acara Peringatan Hari Hak Untuk Tahu Sedunia.

“Pemerintahan yang baik dan bersih, salah satunya tercermin dalam keterbukaan informasi publik di seluruh badan publik,” katanya, Selasa (28/9/2021).

Dia pun meminta seluruh badan publik tetap berkomitmen dalam  keterbukaan informasi publik. “Oleh karena itu, komitmen keterbukaan informasi publik harus terus dilaksanakan sebagai bagian dari akuntabilitas kelembagaan seluruh badan publik kepada rakyat,” tuturnya.

Ma'ruf menyebutkan hak masyarakat untuk tahu dijamin oleh konstitusi. Hal ini sebagaimana diatur di dalam  pasal 28F UUD 1945 dinyatakan setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

“Ketentuan tersebut dimaksudkan untuk mendukung terwujudnya negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat melalui penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan didukung oleh sistem partisipasi pengawasan oleh publik. Pemberlakuan Undang-undang KIP secara spesifik menjamin dan mengatur ketentuan dan tata cara pemenuhan hak dan kewajiban atas informasi publik tersebut,” tuturnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda