Yonif 328 Gelar Posyandu di Perbatasan RI-Papua Nugini

Felldy Utama ยท Selasa, 05 Maret 2019 - 06:00 WIB
Yonif 328 Gelar Posyandu di Perbatasan RI-Papua Nugini

Kegiatan posyandu oleh Satgas Pamtas Yonif PR 328/Dirgahayu di wilayah perbatasan RI-Papua Nugini, Senin (4/3/2019). (Foto: Dispenad)

JAKARTA, iNews.id – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/Dirgahayu melaksanakan kegiatan posyandu di Perbatasan RI-Papua Nugini. Kegiatan tersebut sebagai salah satu wujud kepedulian prajurit TNI kepada balita dan ibu hamil yang tinggal di daerah paling timur Indonesia itu.

Dalam kegiatan posyandu yang dilaksanakan di Kampung Sanggaria, Distrik Arso Barat, Papua itu, layanan kesehatan yang diberikan kepada ibu dan anak antara lain melalui penimbangan, KB, imunisasi, perbaikan gizi, dan penanggulangan diare. “Kegiatan seperti ini penting dilakukan bagi ibu hamil dan anak-anak agar asupan gizi dan nutrisinya terjamin, apalagi daerah pedalaman seperti di Papua ini perlu mendapat prioritas,” ujar Komandan Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH, Mayor Inf Erwin Iswari, Senin (4/3/2019).

Posyandu yang digelar Pos Kout Km 31 tersebut bekerja sama dengan Puskesmas Arso Barat dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Arso 1. Kegiatan sosial itu diharapkan bisa memperkuat daya tahan tubuh balita dari serangan virus maupun bakteri, menjaga mereka tetap sehat dan selalu ceria. “Sementara bagi ibu hamil bisa menjaga kesehatan janin dalam kandungan mereka, di samping kesehatan fisik maupun psikologis,” ucap Erwin.

Dia mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut juga ada pemberian makanan tambahan (PMT) sebagai bentuk kepedulian TNI dalam menjaga asupan gizi bagi balita setempat. Apalagi, di Kampung Sanggaria masih terdapat anak yang mengalami gizi buruk. “Asupan gizi bagi balita sangat penting karena baik buruknya proses pertumbuhan dan perkembangan anak tergantung dari asupan gizi,” tuturnya.

Erwin mengatakan, TNI hadir di tengah masyarakat selain menjalankan tugas pokok menjaga keutuhan wilayah NKRI, juga memiliki tanggung jawab moral menjaga generasi penerus bangsa agar bertumbuh dan berkembang secara sehat. Dia pun mengaku senang karena kegiatan posyandu yang dipimpin Lettu Ckm Hamilludin itu dihadiri oleh 139 orang, terdiri atas 129 balita dan 10 ibu hamil.

“Masyarakat Kampung Sanggaria sangat antusias dengan kegiatan posyandu bulanan ini. Selain pengecekan kesehatan, personel Satgas Pamtas juga melakukan penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil,” ungkapnya.

Ketua Posyandu Mawar Melati, Ny Sukirman, mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif PR 328/Dirgahayu atas dukungan pada pelaksanaan kegiatan posyandu bulanan di Kampung Sanggaria. “Dengan kehadiran tim kesehatan dari personel Satgas, besar harapan kami dapat menjadikan masyarakat sadar akan hidup sehat dan peduli terhadap kesehatan diri maupun keluarga,” ujarnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil