Beli 2 Ban Baru, Lebih Baik Dipasang di Depan atau Belakang? Ini Jawabannya

Dani M Dahwilani ยท Senin, 09 Maret 2020 - 09:04:00 WIB
Beli 2 Ban Baru, Lebih Baik Dipasang di Depan atau Belakang? Ini Jawabannya
Dalam pengemudian ada istilah oversteer dan understeer, ini yang harus diperhatikan saat memasang ban. (Foto: Autocarindia)

JAKARTA, iNews.id - Harga ban mobil tidak murah. Sebagai alternatif, sebagian pemilik kendaraan memilih membeli ban sepasang terlebih dulu. Lalu, bagaimana pemasangannya, ban baru ditempatkan di bagian depan atau belakang?

"Kalau ban botak, minimal harus diganti dua. Orang kebanyakan meminta pasang di depan. Mereka beranggapan kalau ban depan pecah kecelakaannya bisa fatal. Itu tidak benar. Ban belakang pecah juga bisa berakibat fatal," ujar Manager Training Dunlop, Bambang Hermanu Hadi saat berbincang dengan iNews.id, baru-baru ini.

Sebab itu, kata Bambang, ban baru idealnya dipasang di belakang, baik mobil yang berpenggerak roda depan maupun belakang. Pertimbangannya, dalam pengemudian ada istilah oversteer dan understeer. Ini yang harus perhatikan.

"Kalau ban depan baru, ban depan akan lebih mencengkram. Namun, ketika direm ban belakang akan meluncur karena daya cengkeramnya kurang, maka terjadi oversteer," katanya.

"Jika terjadi oversteer, kita harus cepat mengembalikan setir. Itu gerakannya lebih susah dibandingkan understeer," ujar Bambang.

Dia menyebutkan, jika dipasang di belakang, ban belakang cengkeramanya akan lebih bagus dan terjadi understeer putarannya lebih gampang dari oversteer.

"Misal, harusnya 20 derajat, namun mobil putarannya 5 derajat, tinggal ditambah saja putarannya. Jadi lebih baik undesteer daripada oversteer," kata Bambang.

Editor : Dani M Dahwilani