Bridgestone Tutup 11 Pabrik akhir April hingga Mei akibat Permintaan Anjlok Efek Covid-19

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 21 April 2020 - 07:21 WIB
Bridgestone Tutup 11 Pabrik akhir April hingga Mei akibat Permintaan Anjlok Efek Covid-19

Bridgestone Corp mengumumkan akan menunda operasi 11 pabrik domestiknya, termasuk 8 pabrik ban, mulai akhir April hingga awal Mei 2020. (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id - Produsen ban Jepang Bridgestone Corp mengumumkan akan menunda operasi 11 pabrik domestiknya, termasuk 8 pabrik ban, mulai akhir April hingga awal Mei 2020. Langkah ini dampak berkurangnya permintaan akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Dilansir dari Reuters, Selasa (21/4/2020), produsen ban terbesar di dunia itu akan menutup 8 pabrik ban antara 29 April dan 8 Mei, termasuk pabrik ban kendaraan penumpang utamanya di Hikone, Jepang barat dan pabrik truk dan bus ban di Amagi, Jepang selatan.

Sementara periode penutupan tiga pabrik lainnya akan diperpanjang 2-4 hari. Bridgestone memiliki total 15 pabrik di Jepang, yang sebagian besar memproduksi ban atau produk karet lainnya.

Perusahaan telah merencanakan menutup pabrik antara 3 dan 6 Mei untuk liburan Minggu Emas Jepang. Namun, mereka memutuskan memperpanjang hari libur hingga 6 hari karena permintaan ban untuk kendaraan baru, toko ritel dan ekspor melambat.

Pada 16 April, Bridgestone juga telah menangguhkan operasi 19 pabrik dari 51 fasilitas produksi ban di luar negeri. Menurunnya produksi kendaraan di dunia telah berimbas ke berbagai sektor otomotif termasuk industri ban.

Editor : Dani Dahwilani