Cara Membersihkan Sarung Tangan agar Terhindar dari Virus Corona

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 28 April 2020 - 20:07 WIB
Cara Membersihkan Sarung Tangan agar Terhindar dari Virus Corona

Khusus untuk bahan kulit, bersihkan sarung tangan tanpa merendamnya dalam air untuk menghindari kerusakan pada lapisan kulit. (Foto: Sportbiketrackgear Blog)

JAKARTA, iNews.id - Pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menggunakan masker dan sarung tangan wajib digunakan pengendara motor. Namun, kebersihan kedua alat pelindung diri ini harus diperhatian agar terhindar dari virus corona (Covid-19).

"Perawatan masker dan sarung tangan sangat penting untuk mencegah bau dan berkembangnya kuman atau virus," ujar Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana saat dihubungi iNews.id, baru-baru ini.

Menurut Sony, merawat masker dan sarung tangan berbeda. Masker wajib dicuci sehari setelah pemakaian, sedangkan sarung tangan paling lama 2-3 kali dalam seminggu.

"Cuci sarung tangan 2-3 kali seminggu. Caranya rendam sarung tangan dengan air hangat ditambahkan sabun bayi selama 10 menit. Kemudian, bersihkan perlahan-lahan agar tak merusak lapisan protector pada sarung tangan," katanya.

Khusus untuk bahan kulit, bersihkan sarung tangan tanpa merendamnya dalam air untuk menghindari kerusakan pada lapisan kulit. Jangan gunakan sikat karena dapat merusak sarung tangan tersebut.

Setelah dicuci, pengeringannya jangan menggunakan mesin tapi jemur di bawah sinar matahari. Pastikan kering hingga dalam sarung tangan.

"Untuk sarung tangan berbahan kulit, cukup diangin-anginkan sampai benar-benar kering. Tidak perlu diperas agar kualitas kulit tetap terjaga," kata Sony.

Editor : Dani Dahwilani