Darurat Corona, Renault Produksi Alat Kesehatan Pakai Printer 3D

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 10:43 WIB
Darurat Corona, Renault Produksi Alat Kesehatan Pakai Printer 3D

Wabah virus corona meluas, Renault membuat alat pelindung diri (APD) medis menggunakan printer 3D. (Foto: AFP)

MADRID, iNews.id - Semakin meluasnya pandemi virus corona (Covid-19) di Eropa dan Amerika Serikat (AS), membuat sejumlah pabrikan mobil berpacu memproduksi alat kesehatan. Salah satunya Renault dengan membuat alat pelindung diri (APD) medis menggunakan printer 3D.

Dilansir dari Reuters, Kamis (26/3/2020), langkah yang dilakukan Renault ini merupakan eksperimen untuk menemukan cara agar produksi peralatan medis termasuk alat ventilator (alat bantu pernapasan) semakin banyak. Saat ini, alat tersebut masih sangat minim di Spanyol.

"Karyawan yang dikirim pulang karena penutupan pabrik sudah membuat 50 masker lebih, yang nantinya diselesaikan dengan memasukkan lembaran asetat untuk melindungi wajah," kata perusahaan tersebut.

Seorang insinyur Renault berharap ke depan, perusahaan asal Prancis itu bisa memprodukasi komponen ventilator. Karena ini sangat penting merawat pasien virus corona yang sakit parah.

Pabrikan mobil Prancis lainnya, PSA, mengatakan pihaknya juga bekerja sama dengan Air Liquide mencari cara membantu perusahaan meningkatkan produksi ventilator.


Editor : Dani Dahwilani