Ganti Oli Mesin Selalu Sisa, Amankah Pelumas Sudah Dibuka Dipakai Kembali?

Dani M Dahwilani · Minggu, 20 Desember 2020 - 15:50:00 WIB
Ganti Oli Mesin Selalu Sisa, Amankah Pelumas Sudah Dibuka Dipakai Kembali?
Salah satu pengeluaran rutin terbesar saat servis kendaraan adalah mengganti oli atau pelumas. (Foto: Ilustrasi/Daihatsu)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu pengeluaran rutin terbesar saat servis kendaraan adalah oli atau pelumas. Biasanya saat mengganti oli, selalu ada sisa karena botol pelumas dibuat per 1 liter sehingga tidak pas sesuai kapasitas mesin.

Sebagai contoh mobil Daihatsu Ayla atau Sigra memerlukan pelumas 3,5 liter. Namun, konsumen harus membeli 4 liter, karena pelumas dijual dalam betuk 1 liter per botol

Alhasil, oli yang tersisa setengah liter. Ini dinilai menjadi pemborosan. 

Bagaimana bila sisa oli dipakai kembali, amankah bagi mesin kendaraan?

"Biasanya saat oli diganti selalu ada sisa. Karena saya terbuang, pemilik menuangkannya kembali. Meski oli tahan lama, namun bila sudah dibuka kandungannya berubah karena ada udara dan partikel yang masuk. Kami tidak menyarankan dipakai kembali," ujar Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjad.

"Untuk itu, gunakan oli yang dikemas sesuai takaran, sehingga oli tidak ada yang tersisa. Kami pun telah menghadirkan Daihatsu Genuine Oil (DGO) dalam kemasan pas 3,5 liter," katanya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2