Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Ekspedisi Lintas Nusa, Veloz Hybrid Capai Jarak Tempuh 3.000 Km 
Advertisement . Scroll to see content

Kenalkan Teknologi Digital di GIIAS 2025, Toyota Integrasikan Aplikasi mTOYOTA dan T-OPT

Sabtu, 26 Juli 2025 - 07:28:00 WIB
Kenalkan Teknologi Digital di GIIAS 2025, Toyota Integrasikan Aplikasi mTOYOTA dan T-OPT
PT Toyota-Astra Motor (TAM) perkenalkan wajah baru aplikasi mTOYOTA di GIIAS 2025, serta Hybrid Health Check dan layanan T-OPT. (Foto: iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

TANGERANG, iNews.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan wajah baru aplikasi digitalnya mTOYOTA pada momen Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Mereka mengintegrasikannya dengan layanan Hybrid Health Check serta lini produk baru T-OPT untuk memudahkan penggantian suku cadang.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide menjelaskan mTOYOTA versi baru adalah wujud nyata komitmen Toyota dalam menghadirkan ekosistem yang komprehensif bagi pengguna. Solusi komprehensif ini merupakan bagian dari komitmen Toyota untuk memberikan ketenangan atau peace of mind bagi pengguna.

 “Aplikasi ini hadir sebagai go-to app untuk pengalaman kepemilikan kendaraan yang reliable, dan connected. Kami ingin memastikan bahwa Toyota mampu memberikan seamless ownership experience bagi para pelanggan dan juga dealer,” ujar Hiroyuki Oide.

Dari segi keandalan, kini, pengguna dapat menggunakan mTOYOTA bahkan sebelum membeli mobil dengan mencari dealer resmi Toyota berdasarkan jarak, histori kegiatan, hingga dealer favorit. Setelah membeli unit, dengan platform yang terintegrasi secara luring dan daring, pengguna dapat menggunakan fitur-fitur seperti pemesanan layanan servis (Service Booking) serta pemantauan status servis secara berkala (Monitor Service Progess), semua langsung dari satu platform.

Dia menerangkan fitur lainnya mencakup Track Order Status untuk mengetahui perkembangan pemesanan unit secara real-time, dan Build Your Vehicle yang memungkinkan pengguna menyesuaikan kendaraan sesuai preferensi.

"Dengan sistem yang mengingat histori dan preferensi pengguna, aplikasi ini juga menghadirkan notifikasi dan pengingat servis secara otomatis untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi optimal," kata pria yang akrab disapa Pak Heru itu.

Dalam peresmian ini, aplikasi mTOYOTA akan tersedia secara serentak di tujuh jaringan dealer Toyota, dan berlanjut secara bertahap untuk dealer lainnya. 

Layanan T-Intouch

Toyota juga memperkuat konektivitas kendaraan melalui fitur T-Intouch, sehingga pengguna tetap terhubung dengan mobil mereka serta menikmati berbagai fitur telematika demi kenyamanan dan keamanan berkendara. Aksesibilitas fitur ini terbukti dengan jumlah penggunanya yang terus meningkat selama tiga tahun ke belakang.

Fitur ini semakin diperkuat melalui kerja sama dengan Telkomsel sebagai penyedia In-Car Wi-Fi Hotspot dan IoT Connected Car.

Sebelumnya, pengguna harus mendatangi dealer untuk memperpanjang langganan T-Intouch. Kini, proses tersebut menjadi lebih mudah melalui aplikasi AstraPay. Cukup dengan memasukkan nomor rangka kendaraan dan melakukan pembayaran, layanan T Intouch akan langsung aktif kembali selama satu tahun.

Ke depannya, pilihan online channel untuk perpanjangan langganan T Intouch ini akan terus bertambah sehingga Toyota dapat mengakomodasi preferensi dari lebih banyak pelanggan.

Selain untuk konsumen individu, Toyota juga memiliki G-Fleet, sebuah sistem manajemen armada berbasis cloud untuk business-to-business (B2B) yang dirancang dengan konsep simple dan ekonomis untuk membantu operasional bisnis sehari-hari.  

Hybrid Health Check

Semakin banyaknya model kendaraan elektrifikasi yang dikeluarkan oleh Toyota sebagai bagian dari strategi multipathway, kini Toyota juga mendukung para pengguna melalui Hybrid Health Check.

Layanan ini memastikan performa kendaraan elektrifikasi Toyota selalu dalam kondisi prima dengan pengecekan baterai secara gratis untuk kendaraan Hybrid termasuk Battery EV dengan rentang usia 3-5 tahun atau 50.000-100.000 Km setiap servis berkala di bengkel resmi Toyota.

Terdapat tiga komponen yang akan diperiksa, yakni pengecekan Diagnostic Trouble Code (DTC) untuk mendeteksi isu pada komputer mesin, Hybrid Battery untuk memastikan baterai kendaraan dalam kondisi layak (termasuk tegangan internal, resistensi, temperatur, dll), dan Visual Check oleh teknisi tersertifikasi Toyota yang memeriksa kondisi fisik komponen penting, seperti konektor, kabel, dan tanda kerusakan lainnya yang tidak terdeteksi secara digital.   

Selain itu, pada momen GIIAS 2025, Toyota juga menambah lini produk untuk T-OPT sebagai solusi perawatan kendaraan dengan menyediakan suku cadang yang paling sering diganti, berkualitas, namun tetap terjangkau.

Tahun ini, T-OPT menambah lini ke komponen sistem kopling, meliputi clutch disc, clutch cover, dan clutch bearing, melengkapi delapan produk sebelumnya seperti air filter, brake pad, oil filter, wiper blade, v-belt, dan fuel filter. Produk T-OPT tersedia di Toyota Part Shop Partner dan dan bengkel OtoXpert yang tersebar di seluruh Indonesia. Ke depannya, T-OPT akan terus dikembangkan untuk menambah tipe parts dan meng-cover lebih banyak tipe mobil untuk menjawab kebutuhan pelanggan.

"Kami percaya bahwa mobilitas masa kini bukan hanya soal kendaraan, tetapi juga tentang bagaimana teknologi dapat menyatu dalam setiap aspek pengalaman berkendara. Dengan integrasi T Intouch dan AstraPay, dilengkapi dengan Hybrid Health Check dan T-OPT yang terus kami perbarui. Kami ingin memberikan peace of mind bagi pelanggan kami," ujar Jap Ernando, Marketing Director PT TAM.  

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut