Modifikasi Motor, Jangan Sembarangan Pakai Baut Berwarna-Warni

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 13 April 2019 - 07:15 WIB
Modifikasi Motor, Jangan Sembarangan Pakai Baut Berwarna-Warni

Untuk keamanan berkendara, jangan asal pasang baut modifikasi warna-warni pada rem sepeda motor. (Foto: iMall/Ilustrasi)

BOGOR, iNews.id - Memodifikasi sepeda motor dengan memakai aksesoris berwarna-warni, merupakan hal biasa. Sebut saja, baut warna-warni yang terpasang di rem cakram dan bagian lainnya sebagai pemanis tampilan.

Pemasangan baut warna-warni menambah detail tampilan dan bikin motor eye catching. Tapi, ternyata ada bahaya di balik pemasangan baut-baut tersebut.

"Banyak teman-teman bikers yang suka modif baut warna-warni, khususnya yang punya motor 250 cc ke bawah. Jangan asala pasang, safety lebih penting dibanding gaya, dan ini cenderung diabaikan," ujar Ighay Kusnandar, pemilik kios aksesoris motor Cahaya Sejahtera Bogor, saat berbincang dengan iNews.id, baru-baru ini.

Menurut Ighay, saat mengganti part rem, jangan menganggap mengganti cakram dan kaliper sudah cukup. Kualitas baut pemegang rem cakram juga sangat penting diperhatikan. Komponen ini bagian paling vital dalam sistem pengereman.

"Prinsipnya, cakram akan dijepit oleh kanvas rem saat pengereman. Contohnya, saat kita lari 120 km/jam dan mengerem, seluruh beban daya dorong di cakram dipegang oleh baut tadi," katanya.

Jika kualitas dan kekuatan baut warna-warni tersebut tidak bagus, sudah pasti akan membahayakan pengendara. "Bahayanya bisa dibayangkan. Jika kualitas dan kekuatannya tidak terjamin, baut-baut itu patah dua-tiga biji, cakram lepas, rem akan lost alias blong," ujar Ighay.


Editor : Dani Dahwilani