Oli Bisa Stres, Motor Jarang Dipakai Tetap Harus Rutin Ganti Pelumas

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:09:00 WIB
Oli Bisa Stres, Motor Jarang Dipakai Tetap Harus Rutin Ganti Pelumas
Oli yang terlalu lama di dalam mesin perlu diganti karena fungsinya sebagai pelumas, pendingin, dan pembersih telah berkurang seiring waktu. (Foto: Bikes Media)

JAKARTA, iNews.id - Di masa pandemi Covid-19, banyak kendaraan diparkir lama di garasi. Meski begitu, kendaraan wajib mendapatkan perawatan, termasuk ganti oli alias pelumas.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants, Agung Prabowo mengatakan, oli yang terlalu lama di dalam mesin perlu diganti karena fungsinya sebagai pelumas, pendingin, dan pembersih telah berkurang seiring waktu.

"Sepeda motor yang diam dalam waktu lama tetap membutuhkan penggantian oli secara rutin karena fungsi oli sudah berkurang dan membuat oli menjadi stres" ujar Agung dalam keterangannya, baru-baru ini.

Menurur Agung, ada beberapa faktor yang membuat oli stres. Salah satunya karena asanya asam hasil oksidasi. "Zat tersebut yang membuat oli dianggap stres sehingga perlu diganti agar mesin tetap sehat," katanya.

Seperti diketahui, pabrikan motor menyarankan mengganti oli dalam rentang waktu 2-3 bulan sekali atau sudah mencapai 2.000 km tergantung mana lebih dahulu tercapai.

"Pemilik kendaraan cukup menyesuaikan oli yang dipakai dengan spesifikasi dari kendaraan. Dalam memilih oli cukup mudah karena sudah tertera pada manual book kendaraan," ujar Agung.

Editor : Dani M Dahwilani