Pilih Helm Nyaman, Jangan Hanya Lihat Model Sesuaikan Lingkar Kepala

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 16:18 WIB
Pilih Helm Nyaman, Jangan Hanya Lihat Model Sesuaikan Lingkar Kepala

Jangan hanya lihat model, pilih helm sesuai dengan ukuran lingkar kepala, tidak kesempitan atau kebesaran. (Foto: RSV)

JAKARTA, iNews.id - Memakai helm sendiri menjadi syarat wajib saat menggunakan jasa ojek online di tengah pandemi Covid-19. Jika belum memiliki helm, pilih produk yang sesuai standar keselamatan dan nyaman di kepala.

Bagaimana cara memilihnya? "Hal pertama adalah helm harus memenuhi standar keselamatan demi melindungi kepala pemotor. Di Indonesia, standar helm harus berlogo SNI," kata Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan saat dihubungi iNews.id, beberapa waktu lalu.

Dia munuturkan, langkah selanjutnya pilih sesuai dengan ukuran lingkar kepala, jangan hanya melihat modelnya. Bila terlalu kecil atau besar mengurangi kenyamanan.

"Tidak ada salahnya mencoba helm terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Cari yang nyaman dan pas di kepala jangan sampai kebesaran dan kekecilan," katanya.

Agar mendapatkan perlindungan yang lebih baik, pilih helm yang melindungi seluruh bagian tempurung kepala atau helm full face. Tipe helm seperti ini sanggup melindungi seluruh kepala saat berkendara.

"Pilih helm yang full face karena perlindungan ke kepala jadi maksimal. Kemudian cari yang berwarna terang untuk visibilitas pengendara lain saat melihat kita di malam hari," ujar Richard.

Dia menambahkan sebaiknya membeli helm langsung di outlet resmi. Selain bebas memilih ukuran, ini untuk menghindari adanya penjualan helm palsu atau bekas jika dibeli secara online.

Editor : Dani Dahwilani