Ramaikan Ajang Modifikasi, Indonesia Unjuk Gigi di IAM Malaysia 2025
JAKARTA, iNews.id - Indonesia unjuk gigi di ajang otomotif global. Seperti dilakukan produsen cat refinish otomotif lokal, mereka unjuk gigi dalam pameran modifikasi International Automodified (IAM) Malaysia 2025, pada 16-17 Agustus.
Kehadirannya tidak hanya menegaskan kekuatan produk anak bangsa di negeri sendiri, tetapi juga membuktikan kualitas dan inovasi Indonesia di mata dunia.
"Misi kami untuk Go Global di tahun 2025 ini dimulai dari Osaka Auto Messe (OAM) Jepang pada Februari 2025 kemarin, dan kini berlanjut di IAM Malaysia," ujar Sugiarto, Marketing Director PT Anugerah Berkat Cahaya Abadi (ABCA) dalam keterangan persnya, Senin (18/6/2025).
"Produk anak bangsa Indonesia harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan dipandang di luar negeri!" katanya.
Di IAM Malaysia 2025, ABCA membawa amunisi yang menjadi kebanggaan tak hanya bagi perusahaan, tetapi juga Indonesia. Produk yang mereka kembangkan dan bawa, antara lain Cat Spider SPC100 Ultra Mirror Chrome, SPC88 Silver Chrome Effect, dan SPC99 Black Chrome Effect.
"Produk ini adalah kebanggaan kami dan Indonesia karena menjadi satu-satunya cat chrome se-Asia Tenggara dan salah satu dari hanya tiga produsen di dunia. Ini merupakan sebuah milestone bukan hanya untuk perusahaan kami tapi juga untuk Indonesia!" ujar Suguarto.
Untuk menarik perhatian di IAM Malaysia 2025, ABCA tak hanya memajang produk, mereka juga menampilkan dan mendemonstrasikan aplikasi cat chrome secara langsung serta produk automotive refinish 100 persen buatan Indonesia.
"Kami juga turut berpartisipasi membagikan giveaway untuk meningkatkan brand awareness di pasar modifikator Malaysia," kata Sugiarto.
Pada ajang tersebut, ABCA membuka kerja sama dengan mitra reseller atau distributor di negeri Jiran. Ini menjadi langkah konkret dalam memperluas jaringannya di kancah internasional.
Sebelum melenggang ke Malaysia, ABCA telah mengikuti berbagai event otomotif bergengsi, antara Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2024, Osaka Auto Messe (OAM) 2025, serta event komunitas, seperti JDMFest, BBQ Ride, maupun Indonesian Custom Show.
Di dalam negeri, jaringan distribusi mereka sudah tersebar ke seluruh Indonesia, dengan lebih dari 1.000 outlet rekanan. "Kami merambah berbagai lini, mulai dari professional painter papan atas sampai kaki lima sekalipun," ujar Sugiarto.
Tak hanya, itu, perusahaan terus berinovasi mencari dan mempelajari bahan baku berteknologi terbarukan yang dapat menunjang kualitas dan efisiensi produksi.
"Selain produk-produk yang tidak mudah ditiru brand lain seperti chrome atau warna hitam terpekat di Indonesia, kami juga memiliki passion dan komitmen untuk terus memajukan dunia cat di Tanah Air," ujar Sugiarto.
Ambisi ABCA tidak berhenti di Asia Tenggara, mereka sudah dilirik end user dari seluruh benua, mulai dari Asia, Eropa, Amerika, hingga Timur Tengah. "Kami siap membuktikan bahwa inovasi dan kualitas Made in Indonesia mampu bersinar di panggung global," kata Sugiarto dengan tegas.
Editor: Dani M Dahwilani