Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : BPJPH Ungkap Penghambat Pelaku UMKM Dapatkan Sertifikasi Halal, Apa Itu?
Advertisement . Scroll to see content

Rangkul UMKM, Lazada Buka Pojok Otomotif untuk Pelaku Usaha Suku Cadang Lokal

Minggu, 12 Desember 2021 - 14:51:00 WIB
Rangkul UMKM, Lazada Buka Pojok Otomotif untuk Pelaku Usaha Suku Cadang Lokal
Pelaku usaha kecil aksesoris dan suku cadang kendaraan memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan usahanya. (Foto: Dok iNews.id) 
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Digitalisasi menjadi kesempatan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berkembang. Salah satunya dengan memanfaatkan platform digital e-commerce.  

Sektor yang saat ini sedang tumbuh dan merambah layanan daring di tengah pandemi Covid-19 adalah otomotif. Sebelumnya, pelaku usaha lokal kesulitan memasarkan produk, seperti aksesoris dan suku cadang kendaraan. 

Menyikapi itu, Lazada Indonesia membuat program Otomotif Anak Negeri untuk UMKM di kanal Pojok Otomotif. Saat ini, Pojok Otomotif memiliki ratusan seller, 90 persennya merupakan seller UMKM lokal.  

“Industri otomotif merupakan salah satu yang sangat terdampak pandemi. Namun, kami percaya industri otomotif Indonesia masih memiliki potensi besar untuk berkembang. Sebab itu, Otomotif Anak Negeri ini ditujukan untuk meningkatkan gairah konsumen dalam mendukung seller UMKM lokal sekaligus memudahkan mereka memenuhi berbagai kebutuhan otomotif," ujar VP Commercial Automotive Lazada Indonesia, Canggih Satriatama dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), Jumat (10/12/2021).
 
Dia menuturkan, sebagai wadah bagi UMKM otomotif Indonesia seller yang bergabung meningkat hingga 1,7 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Sejak diperkenalkan, para seller UMKM lokal di Pojok Otomotif banyak memperoleh pelanggan baru.  

"Dari data terlihat pengunjung ke kanal Pojok Otomotif meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Demikian pula penjualan naik tiga kali lipat di periode September 2021 dibandingkan dengan April 2021," kata Canggih. 

Dua seller Raja Spare Part dan Ghento King menjadi UMKM lokal yang berkembang di Pojok Otomotif. Mereka mengenalkan brandnya dan memperluas pasar dengan menjangkau konsumen lebih luas di seluruh wilayah Indonesia. 

“Waktu itu saya memutuskan untuk merambah ke dunia e-commerce supaya bisa selalu memenuhi permintaan konsumen untuk produk leher knalpot. Ternyata, pasar online sangat besar dibandingkan dengan berjualan secara offline," ujar Nurrizki, owner Raja Spare Part. 

"Walaupun awalnya sulit, selama beberapa bulan saya diajari bagaimana membuat program dan bagaimana menggunakan fitur-fitur yang ada. Pesanan banyak sekali terutama waktu kampanye-kampanye, orderan naik terus sampai saya kesulitan stok. Dulu saya hanya punya tiga karyawan, sekarang bertambah 17 orang sekaligus bantu lingkungan sekitar,” kata pelaku UMKM asal Cirebon ini.
 
Sementara Aries, owner Ghento King Shop mengungkapkan, dirinya bergabung sejak Agustus 2020 karena melihat potensi pasar di e-commerce sangat besar. "Fokus saya spare part untuk RX King, karena memang saya hobi. Jadi ini dari hobi yang membawa rezeki buat saya," ujarnya. 

"Pada mulanya, konsumen saya hanya terbatas dari komunitas RX King di sekitar saya. Namun, dengan memanfaatkan e-commerce market semakin luas. Saya sering mengirim barang untuk konsumen dari Sabang sampai Merauke,” kata pelaku usaha asal Cikarang tersebut. 

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut