Shock Absorber Mobil Tak Nyaman, Segera Ganti agar Tak Merembet ke Komponen Lain

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 15 September 2020 - 18:21 WIB
Shock Absorber Mobil Tak Nyaman, Segera Ganti agar Tak Merembet ke Komponen Lain

Jika bagian shock absorber rusak, komponen mobil lain akan terpengaruh sehingga harus segera diganti. (Foto: Research Gate)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu komponen penting pada mobil adalah shock absorber. Jika bagian ini rusak, dipastikan komponen mobil lainnya juga akan berpengaruh.

"Shock absorber berfungsi sebagai pengimbang bantingan mobil yang disebabkan gaya pegas dari per. Jika komponen ini rusak, khawatir komponen lain terkena imbas," ujar Kepala Mekanik Bengkel Auto Smooth Depok, Firdaus Ali saat dihubungi iNews.id, Selasa (15/9/2020).

Menurut Ali, kondisi shock absorber harus tetap terjaga kondisnya guna memberikan keamanan bagi pengguna mobil. "Kinerja shock absorber yang buruk bakal memengaruhi ke pengendalian dan mengurangi kenyamanan," katanya.

Selain berbahaya bagi pengendara dan penumpang, kondisi shock absorber yang bermasalah akan memberikan efek samping pada komponen pendukung.
 
"Shock absorber yang sudah jelek bisa membuat permukaan ban menjadi benjol. Kalau sudah begitu, ban jadi rawan pecah. Jadi, segera ganti komponen shock jika dirasa sudah tidak nyaman," katanya.

Ali memberikan tips cara mengetahui shock absorber yang kurang baik. Salah satunya adalah mengetahui ayunan mobil dan mengecek fisik shock absorber itu sendiri serta pastikan tidak ada kebocoran oli.

Editor : Dani Dahwilani