Tips Merawat Motor Modifikasi, Yuk Rajin Periksa Sektor Kaki-Kaki

Riyandy Aristyo ยท Senin, 06 April 2020 - 17:08 WIB
Tips Merawat Motor Modifikasi, Yuk Rajin Periksa Sektor Kaki-Kaki

Tips merawat motor modifikasi. (Foto: Rideapart)

JAKARTA, iNews.id - Hampir semua pemilik sepeda motor ingin membuat tunggangannya itu terlihat berbeda dari lainnya. Maka itu, mereka bersedia untuk mengeluarkan banyak biaya untuk memodifikasi sepeda motornya tersebut.

Lantas, apakah perawatan sepeda motor modifikasi (custom) sama dengan sepeda motor pada umumnya? Modifikator sekaligus pengamat otomotif Indonesia, Andi Akbar alias Atenx dari bengkel Katros Garage menjelaskan, merawat motor modifikasi tidak ada bedanya dengan motor standar.

"Yang penting, perhatikan komponen after sales yang dipakai motor custom itu. Misalnya, rajin cek bagian tangki karena di Indonesia ada dua jenis plat, yakni Eser dan Galvanis," katanya saat live di akun Instagram pribadinya, baru-baru ini.

Menurut Atenx, jika bahan yang digunakan dari plat Eser, pasti dalam dan luarnya bisa berkarat lebih cepat. Sementara bahan Galvanis, proses karatannya punya jangka waktu lebih lama.

Hal yang harus diperhatikan pada motor modifikasi selanjutnya adalah memeriksa saluran bensin. Jika tangki bensin berkarat, serpihan karat tersebut akan masuk ke saluran bensin dan menuju karburator.

"Kalau tangki bensin berkarat, serpihannya bisa masuk ke saluran bensin melewati karburator, itu yang bikin karburator cepat rusak. Minimal, sebulan sekali wajib membersihkan karburator," ujar Atenx.

Atenx menambahkan, motor modifikasi itu pasti mengalami perubahan di bagian kaki-kakinya. Jadi, sektor kaki-kaki juga harus rajin-rajin diperiksa. "Pengecekannya mudah, motor cukup di standar terus di goyang-goyangin apakah terasa sudah oblak atau kurang enak dan sebagainya," katanya.

Editor : Tuty Ocktaviany