10 Generasi Honda Accord dari Masa ke Masa, Begini Perubahannya
TOKYO, iNews.id - Salah satu sedan ikonik yang sampai saat ini masih bertahan adalah Honda Accord. Mobil ini tersebut kini sudah menginjak usia 46 tahun.
Dilansir dari Motor1, Minggu (4/10/2020), Budget Direct Car Insurance menggambarkan evolusi Honda Accrod dari masa ke masa yang sampai saat ini sudah mencapai 10 generasi.
Generasi Pertama (1976-1981)

Honda Accord meluncur perdana pada 1976. Awalnya lahir sebagai hatchback tiga pintu sebelum sedan empat pintu diperkenalkan pada 1979. Tenaga berasal dari mesin 1.6 liter dengan dengan output 68-hp yang dikirim ke roda melalui transmisi manual 5-percepatan.
Sedan ini kemudian datang dengan mesin 1,8 liter yang lebih besar dan dilengkapi power steering.
Generasi Kedua (1981-1985)

Mobil Jepang pertama yang dirakit di Amerika Serikat (AS), Accord generasi kedua lebih besar dari pendahulunya dan memiliki tampilan sangat berbeda dengan gaya kotak. Model ini memperoleh gearbox otomatis empat kecepatan opsional pada 1983 dan mendapatkan mesin dengan perpindahan dari 1.751 cc ke 1.830 cc yang menghasilkan tenaga 86 hp. Pada 1985, lahir Accord SEi dan mesin injeksi yang menghasilkan tenaga 101 hp.
Generasi Ketiga (1985-1989)

Accord mendapat peningkatan footprint untuk iterasi ketiganya, yang hadir dengan gaya bodi dalam bentuk coupe ramping. Secara mekanis, mobil ini lebih unggul dari pendahulunya, menampilkan suspensi double wishbone pertama Honda di kedua as roda serta bodi yang lebih aerodinamis. Honda meningkatkan ukuran mesin menjadi unit 2.0 liter dengan tenaga 98 hp model karburator atau 110 hp opsional model injeksi.
Generasi Keempat (1989-1993)

Accord generasi keempat diperbesar untuk memenuhi syarat sebagai sedan menengah. Honda meningkatkan kepraktisan mobil dengan penambahan varian wagon yang menggantikan hatchback.
Mesin 2,2 liter baru dikembangkan memiliki tenaga 130 hp untuk model unggulan EX. Bahkan ada mode sport untuk transmisi otomatis empat percepatan, yang memungkinkan pengemudi memilih gigi secara manual. Sayang, lampu depan pop-out yang bagus hilang.
Generasi Kelima (1993-1997)

Accord generasi kelima mendapat penambahan VTEC untuk mesin 2.2 liter dan V6 pertama 2.7 liter yang menghasilkan tenaga 170 hp dan torsi 165 lb-ft (224 Nm). Versi yang dilengkapi mesin lebih besar memiliki beberapa penyesuaian desain di bagian depan. Honda juga memperluas jarak sumbu roda untuk ruang kaki belakang ekstra dan desain lebih sporty.
Generasi Keenam (1998-2002)

Tidak ada lagi gaya bodi wagon pada model generasi keenam, hanya coupe dan sedan yang bertahan. Model dua pintu dikembangkan di Amerika Utara dan memiliki jarak sumbu roda yang sedikit lebih pendek daripada model empat pintu.
Airbag depan tersedia sebagai standar, dengan airbag samping tersedia dengan biaya tambahan. Mesin dasarnya adalah 2.3 liter yang menghasilkan tenaga 135 hp, dan 3.0 liter V6 opsional memiliki tenaga 200 hp.
Generasi Ketujuh (2002-2008)

Untuk iterasi ketujuh, Accord mendapatkan mesin lebih bertenaga. Bahkan unit basis empat silinder sekarang menghasilkan 160 hp, sedangkan VTEC V6 3.0 liter memompa tenaga hingga 240 hp.
Keduanya mendapat lebih banyak tenaga di kemudian hari dalam siklus V6 yang dialiri listrik dengan output gabungan 253 hp. Mobil coupe ini memungkinkan pelanggan memesan mesin V6 dengan gearbox manual untuk pertama kalinya.
Generasi Kedelapan (2008-2012)

Menciptakan diferensiasi visual yang lebih besar antara sedan dan coupe, Honda kembali meningkatkan ukuran Accord untuk generasi kedelapan. Mesin V6 - sekarang menghasilkan 268 hp - sekali lagi ditawarkan dengan pengaturan tiga pedal.
Melahirkan fastback Crosstour bungkuk untuk model tahun 2010 untuk menambah kepraktisan. Versi berbentuk aneh ini dua inci lebih lebar dari dan menambah berat sekitar 300 pon (136 kilogram).
Generasi Kesembilan (2013-2017)

Accord Mk9 lebih merupakan penyegaran menyeluruh dari pendahulunya. Sedan tersebut mendapatkan varian Sport dengan manual enam kecepatan standar dan sedikit lebih bertenaga daripada model empat silinder biasa, bersama dengan tip knalpot ganda serta roda yang dipesan lebih dahulu.
Honda juga menyematkan versi hybrid, yang berhasil mendapatkan peringkat EPA 48 mpg berkat mesin empat silinder dialiri listrik.
Generasi Kesepuluh (2017-Sekarang)

Accord generasi saat ini, memiliki pilihan mesin turbo 1,5 liter dasar yang menghasilkan tenaga 192 hp. Sementara unit 2.0 liter memuntahkan tenaga 252 hp, dan versi hybrid tersedia dengan 212 hp.
Meskipun lebih besar dari model yang sebelumnya, Accord generasi kesepuluh telah memangkas bobot 110 hingga 176 pound (50 hingga 80 kilogram) dengan lebih memanfaatkan aluminium dan baja berkekuatan tinggi.
Editor: Dani M Dahwilani