267.000 Toyota Prius Akan Diperbaiki karena Sistem Hybrid Bermasalah

Riyandy Aristyo ยท Senin, 29 Juni 2020 - 14:21 WIB
267.000 Toyota Prius Akan Diperbaiki karena Sistem Hybrid Bermasalah

267.000 Toyota Prius akan diperbaiki karena sistem hybrid bermasalah. (Foto: Carscoops)

CALIFORNIA, iNews.id - Toyota Prius di Amerika Serikat terkena penarikan kembali (recall) karena diduga bermasalah pada sistem hybrid. Total, ada 267.000 unit Prius dan Prius V yang diperbaiki.

Dilansir dari Carscoops, Senin (29/6/2020), penarikan kembali tersebut melibatkan Toyota Prius tahun produksi 2013 sampai 2015 dan 2014 hingga 2017 untuk Prius V.

Toyota akan memperbaiki permasalahan sistem hybrid di mana jika dibiarkan akan berpotensi kegagalan fungsi saat menggunakan mode berkendaran karena tidak bekerjanya salah satu fungsi sistem hybrid.

"Jika masalah ini dibiarkan, kendaraan bisa kehilangan tenaga (loss power and stall). Sementara sistem power steering dan pengereman tetap bekerja, sebuah mobil yang dikendarai pada kecepatan tinggi akan mengalami stall yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan," kata perwakilan Toyota.

Toyota berjanji akan melakukan perbaikan secara cepat dengan cara memperbarui perangkat lunak pada sistem hybrid tersebut. Selain itu akan dilakukan penggantian komponen inverter jika unit Prius yang di-recall mengalami permasalahan tersebut.

Kampanye perbaikan ini akan dimulai akhir Agustus 2020 dan konsumen yang kendaraannya terdampak, tidak akan dikenakan biaya perbaikan alias gratis dengan cara menghubungi dealer-dealer Toyota terdekat.

Editor : Tuty Ocktaviany