40 Tahun Perjalanan Pikap Mitsubishi, Cikal Bakal Kelahiran Triton

Dani M Dahwilani ยท Senin, 17 September 2018 - 19:05 WIB
40 Tahun Perjalanan Pikap Mitsubishi, Cikal Bakal Kelahiran Triton

Model pertama pikap Mitsubishi dinamakan Forte, sementara di beberapa pasar ekspor menggunakan L200 dan kini dikenal dengan nama Triton. (Foto: Mitsubishi for iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Tahun 1978, dunia mengalami perubahan. Space Invaders menyebar ke arcade di seluruh dunia dan memulai hadirnya industri video game. Jaringan telepon seluler otomatis pertama sedang dibangun di Jepang dan Superman tayang di bioskop.

Produk lainnya yang diluncurkan, yang dalam empat dekade kemudian akan menghadirkan mobilitas bagi 4,7 juta orang, pikap 1 ton Mitsubishi.

Kendaraan tersebut adalah sebuah pikap yang mampu menempuh semua jenis medan dimanapun di seluruh planet ini. Sebuah kendaraan yang dikembangkan dengan arahan desain, untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah pikap dengan keandalan yang luar biasa, daya tahan dan performa daya angkut, dengan pengendalian, utilitas, kenyamanan dan pengendaraaan yang dapat disamakan dengan sebuah sedan.

Model pertama dinamakan dengan Forte, sementara di beberapa pasar ekspor menggunakan nama lain, L200 yang masih digunakan hingga saat ini. Sejak awal, Forte dirancang sebagai moda transportasi yang tangguh dan dapat diandalkan untuk penumpang dan angkutan barang.

Forte dikembangkan untuk memberikan kapasitas angkut 1 ton namun tetap mudah dikendarai melalui kombinasi kehandalan tangguh, easy-to-drive, dan kapasitas angkut yang impresif. Kombinasi ini menjadi favorit di seluruh dunia, dari daerah dingin bersalju hingga wilayah gurun pasir sangat panas.

Untuk memastikan konsumen dapat melaju lebih jauh, Mitsubishi Motors membangun warisan four-wheel-drive (4WD) dengan menambahkan versi 4x4 pada 1980. Model ini menjadi fondasi bagi kendaraan 4WD Mitsubishi saat ini, seperti Pajero/Montero dan Delica.

Model pikap ini segera berganti nama menjadi Triton. Di banyak pasar kendaraan ini memberikan dampak mendalam pada bisnis Mitsubishi Motors. Platform generasi pertama dan kedua diproduksi di Pabrik Ohe Mitsubishi Motors.

Sejak generasi ketiga yang hadir pada 1995, produksi model ini dipusatkan di Pabrik Laem Chabang di Thailand dan diekspor ke seluruh dunia. Pabrik ini merupakan pabrik terbesar Mitsubishi Motors saat ini dengan kapasitas produksi sekitar 400.000 kendaraan.

Berikut perjalanan generasi mobil pikap Forte alias L200 yang kini bernama Triton:

Generasi Pertama

Pikap
September 1978, Forte (truk pikap 1 ton) diperkenalkan di Jepang dan diekspor dengan nama Mitsubishi dan L200. Ekspor ke Amerika Utara dimulai pada Oktober.    

Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin. Ditenagai mesin bensin 2.0 liter, dengan pilihan mesin 2.6 liter untuk pasar Amerika Utara dan 1.6 liter untuk pasar Jepang dan region lain. Pilihan mesin diesel 2.3 liter juga tersedia untuk pasar ekspor umum. Oktober 1980, diperkenalkan sistem 4WD part-time.
     
Generasi Kedua

Pikap
Maret 1986, terjadi pergantian model total. Tiga tipe variasi bodi diperkenalkan, yakni Single Cab, Club Cab, dan Double Cab dengan pilihan bodi pendek dan panjang untuk Single Cab. Pilihan penggerak 2WD dan 4WD tersedia dengan pilihan mesin bensin 2.0 liter, bensin 2.6 liter, dan diesel 2.5 liter (meningkat dari 2.3 liter).

Kemudian, Mei 1991, diperkenalkan dengan nama Strada untuk pasar Jepang (khusus double cab).
 
Generasi Ketiga

Pikap
Pada November 1995, model truk pikap baru L200 Strada diperkenalkan di Thailand. Produksi mobil ini dipusatkan di pabrik MSC Laem Chabang untuk ekspor ke seluruh dunia.

Tiga variasi bodi, yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab untuk ekspor. Menggunakan mesin diesel 2.5 liter atau 2.8 liter dengan mekanisme 4WD yang dilengkapi dengan sistem inovatif “Easy Select 4WD”.

Generasi Keempat

Pikap
Pada Agustus 2005, nama pikap Triton diperkenalkan di Thailand dan penjualan di pasar lain juga dimulai secara berurutan setelah peluncuran di negeri Gajah Putih.

Hadir dengan tiga konfigurasi bodi, yaitu Single Cab, Club Cab dan Double Cab yang ditenagai mesin diesel common-rail pengembangan terbaru 2.5 liter dan 3.2 liter. Tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD yang dilengkapi sistem “Easy Select 4WD” atau “Super Select 4WD”.

Generasi Kelima

Pikap
Generasi kelima Triton/L200 hadir pada 2014 dan memperjelas konsepnya untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan konsumen yang semakin meningkat. Peningkatan penggunaan dan daya tahan untuk kebutuhan komersial, kesan sporty yang mudah dan menyenangkan untuk dikendarai.

Tiga opsi kabin ditawarkan bagi konsumen untuk masing-masing kebutuhan, yakni Single Cab, Double Cab, dan Club Cab pintu ganda.

Mesin 2.5 liter turbodiesel dan 2.4 liter bensin yang telah dikembangkan hadir bersama dengan mesin baru 2.4 liter MIVEC “clean” turbodiesel. Mesin ini mampu memberikan performa luar biasa dengan keiritan konsumsi bahan bakar terbaik dan emisi CO2 yang rendah. Transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 5 percepatan dengan sport mode juga ditawarkan untuk pertama kalinya.

Sistem 4WD juga terus dikembangkan. Sistem “Easy Select 4WD” memiliki tiga posisi, yaitu 2H, 4H, 4L untuk memberikan traksi maksimal yang sesuai dengan kondisi jalan, dan “Super Select 4WD-II” yang hadir dengan electronic actuator.

Opsi penggerak 2WD tetap ditawarkan, termasuk versi standar dan versi “High Rider” yang memiliki ground clearance yang sama dengan varian 4WD untuk meningkatkan performa di jalan yang rusak.

Editor : Dani Dahwilani