5 Penyebab Setir Mobil Bunyi, Begini Cara Mengatasinya
JAKARTA, iNews.id - Seiring usia pakai banyak masalah yang terjadi pada mobil. Salah satunya adalah setir bunyi. Suara akan semakin keras terutama saat dibelokkan.
Jika sudah begini, tandanya ada masalah pada sistem setir. Segera periksa dan ketahui penyebabnya.
Ini penting dilakukan agar perbaikan bisa dilakukan dengan tepat. Nah berikut penyebab setir mobil bunyi.
1. Bearing oblak
Bearing atau laher merupakan bantalan yang berfungsi sebagai peredam gesekan. Jika bearing ini sudah rusak, maka setir akan bunyi ketika dibelokan.
Tipikal bunyinya itu seperti gesekan pelat. Jika bunyinya bersumber dari dashboard, maka sudah dipastikan bahwa bearinglah sumber bunyinya.
Langkah untuk mengatasinya adalah bawa mobil ke bengkel terdekat. Lalu minta montir untuk mengganti bearing yang aus dengan yang baru.
2. CV joint aus/kurang pelumas
CV joint atau constant velocity joint adalah komponen untuk membelokan poros putaran setir. Apabila CV joint ini aus atau kurang pelumas akan menyebabkan getaran dan suara gemuruh dari bagian bawah setir.
Kalau CV Joint sudah aus maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan penggantian komponen. Tapi apabila hanya seret, masih bisa dilumasi.
3. Boot tie rod sobek
Boot tie rod berfungsi untuk melindungi ball joint pada lengan setir dari debu atau kotoran. Selain itu dengan adanya boot/karet tie rod, pelumas grease pada ball joint juga tidak akan bocor.
Tapi apabila boot sobek, otomatis pelumas akan bocor dan kotoran juga akan masuk. Ini memicu terjadinya gesekan pada ball joint sehingga setir akan bunyi saat dibelokan.
4. Tie rod rusak
Tie rod rusak sudah pasti akan menimbulkan bunyi-bunyian pada setir. Kerusakan tie rod merupakan masalah yang paling sering muncul pada sistem steering.
Tanda tie rod rusak adalah ball joint pada tie rod ringan/tanpa beban. Untuk mengeceknya goyangkan lengan tie rod, kalau sangat ringan tandanya tie rod rusak dan lakukan penggantian.
5. Kerusakan pompa power steering
Bunyi pada setir bisa disebabkan karena pompa power steering rusak. Untuk mendeteksi kerusakan pada pompa akan lebih mudah dilakukan dua orang.
Satu mengoperasikan setir dan satunya memperhatikan kinerja pompa di kap mesin. Mendeteksi kerusakan masih bisa dilakukan di rumah. Namun kalau sudah rusak bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.
Editor: Dani M Dahwilani