Ada Transmisi B di Honda CR-V Hybrid, Apa Fungsinya?
BANGLI, iNews.id - Mobil bertransmisi otomatis biasanya terdapat tanda P (parkir), R (mundur), N (netral), dan D (drive) serta 2, 3, L (low), pada bagian tuas perseneling. Namun di mobil all new Honda CR-V hybrid ada satu tanda lagi, yakni B.
Lantas apa gunanya?
Eusuke Sato, development leader automobile operations Honda Motor Corporation, menjelaskan ada dua fungsi saat transmisi ini diaktifkan.
"Jadi untuk B range digunakan pada dua kondisi. Gunanya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengemudinya," kata pria yang juga menjadi project leader all new Honda CR-V RS e:HEV tersebut di Kintamani, Bali, Selasa (17/10/2023).
Menurut Sato, shif B akan memberikan rasa kenyamanan kepada pengguna karena mobil secara otomatis mengurangi kecepatannya di jalan menurun, tanpa pengemudi menginjak pedal rem.
"Jadi kalau kita melepas aksel (gas), tanpa menginjak rem, mobil sudah ngerem," ujarnya.

Manfaat lain, lanjut Sato, memberikan rasa amam saat mobil berada di jalan datar namun jarak dengan kendaraan di depannya cukup dekat. Mobil akan otomatis berjalan pelan jika transmisi B digunakan.
"Ketika jalan rata tetapi ada jarak dengan mobil depan. Kita masuk ke B dia akan berjalan pelan, tak ada kemungkinan untuk menyundul atau menabrak," tuturnya.
Sato melanjutkan, pengaktifan transmisi B juga membuat pengisian daya baterai pada mobil, saat deselerasi, lebih optimal ketimbang dengan menggunakan mode D.
Pada dasarnya, saat mobil hybrid deselerasi sistem akan bekerja untuk mengisi ulang baterai. Namun penggunaan mode transmisi B akan membuat pengisian lebih optimal.
"Baterai akan lebih cepat terisi saat transmisi dimasukkan ke B. Dengan melepas gas saja, sebenarnya sudah mengisi daya baterai. Tapi frukuensi pengisiannya menjadi bertambah (dengan B)," ujarnya.
Editor: Ismet Humaedi