Akhiri Kerja Sama dengan Aurora, VW Gandeng Ford Kembangkan Mobil Otonom

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 17:17 WIB
Akhiri Kerja Sama dengan Aurora, VW Gandeng Ford Kembangkan Mobil Otonom

Beralih ke Ford, Volkswagen (VW) mengakhiri kemitraannya dengan Aurora, pengembang mobil otonom yang didukung Amazon. (Foto: Casrcoops)

MUNICH, iNews.id - Volkswagen (VW) mengakhiri kemitraannya dengan Aurora, pengembang mobil otonom yang didukung Amazon. Sebagai gantinya, mereka akan berkolaborasi dengan Ford dan Argo AI.

Financial Times melaporkan juru bicara VW mengkonfirmasi perpecahan, tetapi menolak memberikan penjelasan terkait masalah tersebut. "Kegiatan di bawah parameter kami telah selesai sehubungan dengan Aurora dan pembicaraan dengan Ford mengalami kemajuan sangat baik," katanya.

Dilansir dari Carscoops, Rabu (12/6/2019), Aurora dan VW membangun kemitraan pada awal 2018. Di mana Chris Urmson, pendiri perusahaan Aurora dan mantan pemimpin teknis Waymo mengatakan, kolaborasi kedua perusahaan akan membawa kendaraan self-driving ke pasar.

Mengutip tiga orang yang akrab dengan masalah ini, pembuat mobil Jerman itu menolak memperbarui kontrak. Johann Jungwirth, eksekutif VW yang mengawasi kemitraan dengan Aurora, juga telah meninggalkan pabrik mobil Jerman itu pada 1 Juni.

Di sisi lain, Aurora mengumumkan kemitraan dengan Fiat Chrysler (FCA), yang akan menggunakan perangkat lunak mengemudi otomatis di dalam kendaraannya dengan prototipe akan diuji di jalan dalam 3 hingga 5 tahun ke depan.

VW dilaporkan siap membangun kesepakatan dengan Ford, yang diselesaikan musim panas ini. Kemitraan tersebut masuk akal bagi kedua produsen mobil yang ingin tetap mengendalikan perangkat keras dan perangkat lunak.

Sumber lain mengatakan, Aurora berjanji memiliki mobil yang sangat otonom di jalan pada awal hingga pertengahan 2020-an. Tetapi selama waktu mereka bersama, VW melihat timeline Aurora tidak akan terpenuhi.


Editor : Dani Dahwilani