Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Tak Ada Insentif, Penjualan Mobil Listrik Tahun Depan Diprediksi Merosot
Advertisement . Scroll to see content

Alasan Konsumen Indonesia Kepincut Mobil China, Imingi Fitur dan Teknologi Baru

Selasa, 02 Januari 2024 - 14:52:00 WIB
Alasan Konsumen Indonesia Kepincut Mobil China, Imingi Fitur dan Teknologi Baru
Studi Vero dan WeBridge mengungkapkan konsumen Indonesia tertarik produk China karena harga terjangkau, desain inovatif dan fitur pintar. (Foto: Dok iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Konsultan komunikasi Asia Tenggara, Vero dan perusahaan manajemen pemasaran asal China, WeBridge melakukan studi melalui sosial listening tentang mobil asal China. Studi The Road to Southeast Asia: A Study of Consumer Perceptions and Market Opportunities for Chinese Automotive Brands ini menggali lanskap konsumen di Indonesia, Thailand, Vietnam dan Filipina. 

Untuk di Indonesia, studi mengungkapkan 40 persen percakapan online terkait dengan merek-merek China di Indonesia berkisar pada harga produk dan layanan kompetitif. Sementara 29 persen berfokus pada teknologi dan inovasi, serta secara khusus menyoroti elektronik dan kendaraan. Konsumen Indonesia juga sangat tertarik dengan fungsional dan desain mobil China.

Selain itu, terdapat minat yang cukup besar dari konsumen Indonesia terhadap kendaraan listrik (EV). Ini dibuktikan dengan volume pencarian yang signifikan untuk kata kunci yang berkaitan dengan penghematan energi, mobil listrik, dan efisiensi energi. Mobil listrik dianggap lebih hemat energi serta biaya pengoperasian dan perawatannya dibandingkan kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE). 

Sebanyak 66 persen konsumen Indonesia menyampaikan pandangan positif terhadap mobil-mobil China dengan alasan harga yang terjangkau, fitur inovatif, serta mobilitas dan kenyamanan,

Vero dan WeBridge juga menganalisis faktor-faktor utama yang mempengaruhi keputusan dalam membeli mobil di Indonesia. Menggunakan teknik social listening, penelitian ini mengungkapkan sebagian besar konsumen (33 persen) memandang memiliki mobil sebagai preferensi pribadi, menandai mobil sebagai pilihan gaya hidup. 

Efisiensi dalam berkendara menyumbang 28 persen dari percakapan online. Sementara mobilitas dan kenyamanan menyumbang 15 persen, menyoroti semakin pentingnya pilihan transportasi yang dipersonalisasi di kalangan konsumen Indonesia. 

Konsumen di Indonesia merasa biaya kepemilikan mobil yang tinggi (38 persen) dan kurangnya infrastruktur (21 persen) menjadi penghalang untuk membeli mobil. Meskipun masyarakat Indonesia menilai memiliki mobil adalah untuk kenyamanan berkendara, 17 persen menyatakan kemacetan lalu lintas menjadi kendala utama. 

Bagaimana merek-merek mobil China dapat menempati posisi terdepan di pasar otomotif Indonesia? "Merek kendaraan listrik China dapat memperkuat kampanye mereka di Indonesia melalui pesan keberlanjutan yang otentik, dengan menyoroti tujuan mobilitas ramah lingkungan di Indonesia dan manfaat lingkungan dari peralihan ke kendaraan listrik," kata Vero Vice President IMC Consulting, Quang Do.

"Mereka dapat menarik perhatian konsumen terhadap keberlanjutan dengan mempromosikan EV sebagai penanda gaya hidup modern, bukan hanya sebagai tren sesaat, terutama karena Indonesia dianggap sebagai salah satu penghasil emisi karbon terbesar di kawasan ini. Merek-merek China juga dapat menggali lebih dalam untuk mengatasi masalah konsumen dalam adopsi kendaraan listrik, seperti infrastruktur pengisian daya dan sistem penukaran baterai yang nyaman," ujarnya.

Dzikri Sabillah Anwar (Chiki), senior PR executive Vero menyebutkan penting bagi merek-merek mobil China untuk terus memperluas daya tarik mereka melalui kemitraan strategis dengan para influencer, media terkemuka, dan pemimpin industri lain di Indonesia. 

"Merek-merek mobil China dapat meningkatkan visibilitas mereka dengan berpartisipasi dalam berbagai pameran besar atau menyelenggarakan acara-acara yang menawarkan kesempatan untuk mencoba mobil dan berinteraksi dengan perwakilan merek. Inisiatif offline ini membawa merek-merek tersebut berinteraksi secara langsung dengan audiens target mereka dan memberikan wawasan yang tak ternilai ke dalam perilaku konsumen," kata Chiki. 

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut