Antusias Tinggi, Pengunjung Booth Honda di GIIAS 2021 Tembus 10.000 Orang per Hari
JAKARTA, iNews.id - Animo masyarakat terhadap pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD City, Tangerang Banten, pada 11-21 November 2021, sangat tinggi. Ini dapat dilihat dari booth PT Honda Prospect Motor (HPM) yang mencatatkan jumlah pengunjung 9.500 sampai 10.000 per hari.
"Animo dan antusias pengunjung sangat baik ya di GIIAS ini. Meskipun masih dalam masa pandemi, karena dilakukan dengan prokes (protokol kesehatan) yang baik, pengunjung ke booth kami bisa 9.500 sampai lebih dari 10.000 pengunjung setiap hari," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy saat dikonfirmasi iNews.id, Minggu (21/11/2021).
Dia mengungkapkan untuk Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang dicapai di GIIAS 2021 cukup memuaskan rata-rata 150 SPK per hari. "Pemesanan Honda Brio adalah yang tertinggi bisa mendapat 50 SPK setiap hari, disusul Honda City Hatchback RS dan All New Honda BRV mencapai 20-30 SPK setiap hari," kata Yusak Billy.
Di GIIAS 2021, HPM memberikan kejutan pedana di dunia memperkenalkan Honda SUV RS Concept. Mobil konsep ini menandai pertama kalinya Honda Indonesia menampilkan varian RS pada model SUV. Logo RS disematkan Honda untuk varian produk yang mempunyai karakter lebih sporty. Saat ini, beberapa model Honda di Indonesia yang mempunyai varian RS adalah Honda Brio, Honda Mobilio, Honda City Hatchback dan All New Honda Civic.
Selain Honda SUV RS Concept, Honda juga menampilkan sebanyak 24 mobil di area booth seluas 2.394 meter persegi. Terdapat pula Honda SENSINGTM Experience. Di sini pengunjung dapat mencoba simulasi berkendara 360°, bebas melihat ke segala arah melalui perangkat virtual reality (VR) untuk mengetahui bagaimana fitur Honda SENSINGTM bekerja dalam mobil.
Honda SENSINGTM merupakan teknologi keselamatan berteknologi canggih dari Honda terdiri sistem yang bekerja untuk meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara. Menggunakan kacamata VR pengunjung seperti sedang mengendarai mobil sambil menonton video penjelasan setiap fitur Honda SENSINGTM.
Fitur pertama adalah Road Departure Mitigation atau RDM. Fitur ini berfungsi saat kamera mendeteksi mobil keluar dari marka jalan tanpa menyalakan lampu sein. Apabila mobil tetap keluar dari jalurnya setelah mendapat peringatan audio-visual, maka sistem RDM akan mengatur arah setir dan melakukan pengereman secara otomatis agar mobil kembali ke jalur semula.
Selanjutnya, fitur Lane Keeping Assist System atau LKAS. Dalam kondisi mengemudi di jalan raya, monocular camera akan mendeteksi garis jalan raya dan menyediakan bantuan kemudi untuk menjaga mobil tetap berada di jalur, mengurangi beban dari pengemudi.
Sementara itu, fitur Adaptive Cruise Control (ACC) juga hadir untuk mendeteksi jarak mobil dengan kendaraan di depan melalui Milimeter Wave Radar, sehingga mobil akan mengatur kecepatan secara otomatis tanpa harus menginjak pedal gas untuk mempertahankan jarak aman.
Fitur selanjutnya Collision Mitigation Brake System (CMBS) yang bekerja dengan memperingatkan pengendara secara bertahap ketika mobil mendeteksi adanya potensi benturan dengan kendaraan lain di depan. Peringatan tersebut berbentuk audio visual pada layar dashboard, seatbelt yang mengencang secara otomatis, serta mengaktifkan rem.
Tak hanya itu, fitur Lead Car Departure Notification System (LCDN), sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh. Dan Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.
“Melalui Honda SENSINGTM Experience ini, harapannya pengunjung dapat lebih memahami tentang setiap fitur-fitur safety dari Honda SENSINGTM yang nantinya akan diimplementasikan di lebih banyak mobil Honda. Aktivasi ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mewujudkan lingkungan berkendara yang aman di Indonesia,” kata Yusak Billy.
Editor: Dani M Dahwilani