Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Toyota Klaim Mobilnya Sudah Bisa Tenggak Etanol 10 Persen sejak 2010
Advertisement . Scroll to see content

Bawa 4 Brand, Intip Deretan Mobil Baru dan Konsep Toyota di JMS 2025

Kamis, 30 Oktober 2025 - 09:27:00 WIB
Bawa 4 Brand, Intip Deretan Mobil Baru dan Konsep Toyota di JMS 2025
Di Japan Mobility Show 2025, Toyota memamerkan deretan mobil baru dan konsep empat brand, yaitu Toyota, Lexus, Century, dan Daihatsu. (Foto: Toyota)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Toyota hadir di pameran akbar Japan Mobility Show (JMS) 2025 di Tokyo Big Sight Jepang, pada 29 Oktober - 9 November 2025. Mereka menampilkan berbagai inovasi seperti future technology, mobility products, dan services inline terkait dengan visi Mobility for All dan Carbon Neutrality. 

Toyota juga menampilan Land Cruiser FJ yang akan segera diluncurkan pada pertengahan 2026. Century juga kini diposisikan sebagai brand di segmen ultra luxury menghadirkan Century Cope Concept, dan Lexus memboyong  Lexus LS Concept. 

“Japan Mobility Show (JMS) 2025 menjadi showcase dari Multi Pathway Approach (MPA) Toyota dalam mewujudkan visi Mobility for All dan Carbon Neutrality. Dengan mendengarkan pelanggan dan berkomitmen menyediakan solusi mobilitas yang sesuai, Toyota menghadirkan pilihan mobilitas inovatif, berkelanjutan, dan ramah lingkungan. Kami ingin memastikan setiap langkah memberi nilai positif bagi masyarakat di berbagai belahan dunia,” ujar President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda dalam keterangannya dilansir Kamis (30/10/2025).

Di Japan Mobility Show 2025, Toyota memajang empat brand, yaitu Toyota, Lexus, Century, dan Daihatsu. Berada di South Hall 1-2, Toyota memperlihatkan peran unik yang didelegasikan pada setiap merek dan bagaimana mereka bekerja sama memenuhi visi global Toyota. 

"Inti dari filosofi Toyota adalah Mobility for All, sebuah komitmen yang telah memandu perusahaan sejak awal berdiri hingga kini dipilih oleh hampir 10 juta pelanggan setiap tahun," kata Hiroyuki Ueda. 

Dia menjelaskan masing-masing merek telah memahami setiap individu berhak mendapatkan solusi mobilitas yang tepat dan sesuai preferensinya. 

Land Cruiser FJ

Salah satu produk ikonik yang dihadirkan di JMS 2025 adalah Land Cruiser FJ. Toyota memberikan nilai baru berupa Freedom & Joy yang dirasakan saat menikmati Land Cruiser dengan cara masing-masing pelanggan, dan dengan tetap mempertahankan keandalan, daya tahan, serta performa off-road yang mendukung gaya hidup mereka yang unik dan berbeda.

Century

Pengunjung JMS 2025 juga menjadi saksi transformasi Century dari produk premium Toyota menjadi brand ultra premium. Posisi brand ini akan lebih tinggi dibandingkan Lexus, walaupun sebenarnya posisi Lexus sendiri sudah di puncak piramida produk Toyota. Sosok baru Century akan menegaskan kembali positioning-nya di segmen kelas atas sebagai “Top of The Top, One of One”. 

Lexus LS Concept

Identitas Lexus ialah sebagai pelopor, yang sejalan dengan tagline “Discover, Imitate no one”. Kini Lexus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan yang lebih berani untuk mengeksplorasi dan menciptakan inovas baru. Melambangkan transformasi merek, Lexus menampilkan kendaraan roda enam bernama LS Concept. Konsep ini bukan sekadar eksperimen desain, karena kini LS berarti Luxury Space dan bukan lagi Luxury Sedan. 

Pameran otomotif internasional ini juga menampilkan Multi-Pathway Approach Toyota terhadap Carbon Neutrality. Toyota fokus pada penyediaan pilihan solusi mobilitas yang ramah lingkungan secara berkelanjutan yang telah diterapkan di berbagai negara. Strategi ini mencakup line-up lengkap powertrain, mulai dari Flex Fuel Hybrid di Amerika Selatan, Small Hybrid di Asia, dan Fuel Cell EV terbaru di Jepang.

Hiroyuki Ueda menuturkan Toyota menerapkan Multi Pathway Approach (MPA) dengan memperhatikan keberagaman demografi, sumber daya energi, dan infrastruktur di berbagai wilayah. Setiap negara membutuhkan solusi mobilitas yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat, serta mendukung ekosistem energi yang tersedia. 

Toyota Mobility Concept menjadi landasan untuk mencapai tujuan itu. Mobility 1.0 meningkatkan nilai mobilitas yang dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan, Mobility 2.0 memperluas akses mobilitas ke ranah baru, dan Mobility 3.0 mengintegrasikan mobilitas dengan sistem sosial dan energi,” ujarnya

Multi Pathway Strategy

Multi Pathway Strategy telah dilaksanakan oleh Toyota Indonesia sejak menghadirkan Prius Hybrid pada 2009. Kendaraan elektrifikasi (xEV) lainnya mulai turut diperkenalkan, seperti Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Saat ini, Hybrid merupakan xEV Toyota yang paling relevan dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. 

Namun tidak semua orang dapat beralih ke xEV mengingat demografi wilayah dan kebiasaan masyarakatnya yang berbeda. No One Left Behind, solusi energi seperti energi terbarukan yang memanfaatkan sumber daya alam memiliki potensi nyata untuk diterapkan saat ini. 

Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan pihaknya menyambut baik inisiatif Pemerintah Republik Indonesia untuk memajukan penggunaan energi terbarukan, termasuk bioethanol E5 dan biodiesel B40, sebagai bagian dari strategi diversifikasi energi. 

"Kami menyadari untuk mencapai keberhasilan ini, diperlukan kesiapan yang menyeluruh, yang mencakup ekosistem yang kuat untuk bahan baku, produksi, distribusi, dan kompatibilitas kendaraan. Toyota berkomitmen memastikan bahwa semua produk kami dapat menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, mendukung keberlanjutan dan tujuan mobilitas yang lebih hijau di Indonesia," katanya.

Awal tahun ini, Toyota membuka Hydrogen Refueling Station (HRS) di Karawang, sebagai stasiun pengisian bahan bakar mandiri pertama Toyota di Asia Tenggara dan kedua di Indonesia setelah milik PLN. Fasilitas ini akan diperluas menjadi enam lokasi di seluruh Indonesia, sejalan dengan uji coba bersama PLN dan Pertamina untuk memperkenalkan pemanfaatan hidrogen dalam kehidupan sehari-hari serta membuka peluang bisnis baru di bidang produksi dan distribusi hidrogen.

“Sejalan visi Beyond Zero, Toyota berkomitmen pada road map menuju Carbon Neutrality di Indonesia. Bersama para stakeholders, kami berupaya menyelaraskan strategi Multi Pathway Toyota dengan arah kebijakan energi pemerintah agar dampak positif terhadap pengurangan emisi, perekonomian, industri, dan ketahanan energi dapat tercapai lebih cepat dan tepat. Melalui pengembangan biofuel, hidrogen, dan berbagai solusi inovatif lainnya, Toyota bertekad mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan,” ujar Henry.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut