Belajar dari Kecelakaan Maut di Tol Purbaleunyi, Pengemudi Harus Perhatikan Ini

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 05 September 2019 - 06:55 WIB
Belajar dari Kecelakaan Maut di Tol Purbaleunyi, Pengemudi Harus Perhatikan Ini

Kecelakaan maut di Km 91 Tol Cipularang, menjadi pelajaran penting dalam keselamatan berkendara (safety driving). (Foto: Engadget)

JAKARTA, iNews.id - Kecelakaan maut di Km 91 Tol Purbaleunyi, Purwakarta yang melibatkan 21 kendaraan dan mengakibatkan sembilan orang tewas menjadi pelajaran penting dalam keselamatan berkendara (safety driving). Dugaan sementara kecelakaan karena dump truk mengalami rem blong.

Menanggapi peristiwa itu, pengamat otomotif Indonesia, M Wahab mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan di jalan tol. Di sini yang menjadi catatan penting cara mengemudi dan pengalaman berkendara.

"Pengendara mobil jangan hanya bermodalkan feeling dan keberuntungan, tapi juga bisa manuver terencana," ujar Wahab saat dihubungi iNews.id, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, maksud dari manuver terencana adalah dalam pengereman, belok ke kiri dan kanan sudah direncanakan sebelum dieksekusi. Bukan gerakan mendadak atau refleks.

"Bahaya bisa datang dari depan, kiri, belakang, kanan, bahkan atas kita. Maka itu, setiap pengendara yang ingin mengemudikan kendaraan wajib mengetahui jalur mana yang akan dilewati," katanya.

Tidak hanya itu, lanjut Wahab, dalam manuver terencana yang perlu diingatkan adalah meningkatkan kewaspadaan.

"Pastikan indra mata bisa mendeteksi segala potensi bahaya dan ancaman dari awal atau ketika bahaya tidak terlihat. Maka itu, sikapi dengan meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.


Editor : Dani Dahwilani