Berjuang di Tengah Pandemi, Kia Berusaha Bangkit seperti Era 2012-2013
JAKARTA, iNews.id - PT Kreta Indo Artha (KIA), anak usaha Indomobil Group, telah menjadi distribusi kendaraan merek Korea Selatan, Kia. Di bawah manajemen baru, Kia berkomitmen mengembangkan jaringan dan menjadi pemain utama di Indonesia.
Pandemi Covid-19 yang menghantam industri otomotif, tidak menyurutkan tekad Kia mengembangkan rencana bisnisnya. Ini terlihat hingga Agustus 2020, perusahaan telah membuka 22 dealer berfasilitas sales, service dan sparepart (3S), serta 10 bengkel.
"Sampai akhir tahun ini kami menargetkan membangun 38 jaringan. Tahun depan diharapkan akan bertambah 45 sampai 50 jaringan," ujar Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Sorejo dalam acara ngobrol virtual bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), Kamis (27/8/2020).
Dia menerangkan, rencana strategis ini ditunjukan perusahaan dengan investasi besar dengan membangun fasilitas untuk menunjang pelayanan. "Kami memikirkan long term, investasi yang kami keluarkan tidak kecil. Berada di lokasi strategis jaringan-jaringan dealer ini akan menjadi tulang punggung perusahaan ke depan," katanya.
Ario menerangkan selain pengembangan dealer pihaknya juga akan mendatangkan model-model kendaraan baru. Ini agar masyarakat mendapat banyak pilihan dan menjadi bukti keseriusan Kia melalui produk-produk terbaiknya di Indonesia.
"Kita berupaya membangun kepercayaan kepada konsumen terkait keseriusan Kia di Indonesia. Di bawah Indomobil Group, kami berkomitmen membangkitkan kembali era kejayaan seperti pada tahun 2012-2013. Di mana penjualan Kia saat itu rata-rata lebih dari 2.000 unit per bulan," ujar Ario.
Dia menuturkan secara operasional Kia telah bergabung dengan Indomobil hampir setahun. "Bulan September ini setahun. Nah, dari bulan Januari lalu kita sudah memperkenalkan Kia Seltos yang diharapkan bisa segera lari meningkatkan brand image," kata Ario.
Editor: Dani M Dahwilani