Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Toyota Luncurkan New Kijang Innova Zenix, Deretan Fitur Baru Disematkan
Advertisement . Scroll to see content

Bersaing dengan Innova Zenix, Jajal Performa dan Efisiensi Almaz Hybrid 

Rabu, 15 Februari 2023 - 21:57:00 WIB
Bersaing dengan Innova Zenix, Jajal Performa dan Efisiensi Almaz Hybrid 
Jika dilihat dari segmentasi, Almaz Hybrid bersaing dekat dengan Innova Zenix Hybrid sama-sama memiliki konfigurasi kursi tiga baris. (Foto: Dok iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Memasuki era elektrifikasi, pabrikan mobil di Indonesia menghadirkan beberapa pilihan model kendaraan. Salah satunya mobil bermesin Hybrid Electronic Vehicle (HEV).

Seperti diketahui, mobil hybrid menggabungkan engine kovensional dan motor listrik yang di atas kertas membuat kendaraan bertenaga, efisien dan ramah lingkungan. Beberapa pabrikan telah menghadirkan mobil hybrid di Indonesia, antara lain Toyota, Suzuki dan Wuling. 

Terbaru, Suzuki menghadirkan Ertiga Hybrid, Wuling meluncurkan Almaz Hybrid dan Toyota merilis Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Jika dilihat dari segmentasi, Almaz Hybrid bersaing dekat dengan Innova Zenix Hybrid sama-sama memiliki konfigurasi duduk tiga baris.

Jurnalis iNews.id sempat menjajal Innova Zenix Hybrid dalam test drive Yogyakarta-Semarang-Jakarta, beberapa waktu lalu. Hasilnya, dibandinglan Innova generasi sebelumnya model Hybrid lebih bertenaga dan efisien dengan konsumsi bahan bakar rata-rata sekitar 15 km per liter (tergantung cara mengemudi dan kondisi jalan).

Bagaimana dengan performa dan efisiensi Almaz Hybrid? Jurnalis mencobanya membawa mobil di berbagai kondisi jalan, baik perkotaan yang padat, jalan tol dan jalanan berbukit.

Menggendong mesin bensin 2.000 cc naturally aspirated, 4 cylinders inline, Atkinson cycle, digabungkan dengan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor, di atas pena tenaga yang disalurkan melalui transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) menghasilkan tenaga gabungan 174 hp dan torsi 320 Nm.

Ini terasa saat mobil melintasi ditanjakan. Tarikan mobil dan perpindahan transmisi terasa halus begitu pedal gas diinjak seakan tanpa ada jeda. Untuk efisiensi, mobil diisi 25,6 liter mampu menempuh jarak 450 km lebih jika di rata-rata konsumsi mampu menembus jarak 17 km per liter.

Secara tampilan tidak ada ubahan desain signifikan pada mobil ini dibandingkan Almaz bermesin konvensional. Hal membedakan di bagian depan terdapat list Dynamic Blue Lines dan tulisan RS berwarna biru, serta velg 18 inc Alloy Wheels. Di bagian belakang terdapat emblem bertuliskan hybrid. 

Saat duduk di kursi kemudi kesan comport terasa, dengan tuas transmisi baru yang lebih mungil dan fungsional. Posisi duduk pengemudi dapat diatur secara elektrik.

Mobil seharga Rp470 juta on the road (OTR) Jakarta ini juga membenamkan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV) dan perintah suara berbahasa Indonesia (WIND). Ini menjadikan pengemudindan penumpang lebih tenang, merasa aman dan nyaman di perjalanan. 

Di sisi lain, mobil yang telah dilengkapi panoramic roof dan sunroof ini memiliki tempat duduk luas untuk baris pertama dan kedua. Namun, untuk baris ketiga bagi orang dewasa relatif terasa sempit. 

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut