Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Produksi Jutaan Kendaraan di Indonesia hingga Diekspor ke 74 Negara, Ini Harapan Bos Suzuki
Advertisement . Scroll to see content

Bertahan dari Covid-19, Penjualan Mobil Suzuki Ditopang Produk Lokal

Kamis, 14 Januari 2021 - 10:37:00 WIB
Bertahan dari Covid-19, Penjualan Mobil Suzuki Ditopang Produk Lokal
Kontribusi mobil produksi dalam negeri lebih dari 90 persen terhadap total penjualan Suzuki selama 2020. (Foto: Suzuki)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Di saat pasar kendaraan roda empat turun sekitar 50 persen pada 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dapat bertahan cukup baik pada 2020. Raihan wholesales 65,9 persen dan retail sales 70,4 persen dibandingkan dengan performa pada 2019. 

Kendaraan produksi dalam negeri yang dibuat di Cikarang dan Tambun, Bekasi, menjadi penopang penjualan Suzuki. Kontribusi mobil produk lokal lebih dari 90 persen terhadap total penjualan Suzuki selama 2020. 

“Tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta adaptasi operasional dealer selama pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment," ujar 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra dalam ketarangan persnya yang dilansir Kamis (14/1/2020).

"Kontribusi produk lokal Suzuki pada 2020 sebesar 91,1 persen untuk wholesales dan 90,6 persen untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri,” katanya.  

Kendaraan produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan tahun lalu adalah Carry Pick Up dan XL7. Sepanjang 2020, wholesales Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6 persen, sementara retail sales berkontribusi 57,9 persen terhadap penjualan nasional Suzuki. 

Untuk kendaraan penumpang, Extraordinary SUV Suzuki, yaitu XL7, menjadi kontributor terbesar dengan raihan 14,9 persen untuk wholesales dan 11,8 persen untuk retail sales. XL7 menjadi salah satu backbone penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4 persen pada wholesales dan 13,3 persen pada retail sales. 

“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk Suzuki, terutama produk buatan dalam negeri. Dukungan dan kepercayaan masyarakat di tahun 2020 serta semangat keberadaan Suzuki yang telah mencapai 50 tahun di Indonesia semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi pada pemulihan industri otomotif Tanah Air," ujar Donny. 

"Tidak hanya itu, kami juga terus memastikan seluruh operasional Suzuki di Indonesia termasuk dealer, serta produk yang diterima konsumen sesuai dengan protokol kesehatan dan telah melalui proses desinfektan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan,” katanya. 

Selain New Carry Pick Up, XL7, dan All New Ertiga, produk lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki, baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut