Bocoran, Toyota 86 Terbaru Bernama GR86 Usung Platform TNGA dan Mesin Turbo

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 07:35 WIB
Bocoran, Toyota 86 Terbaru Bernama GR86 Usung Platform TNGA dan Mesin Turbo

Reka desain tampilan Toyota 86 generasi berikutnya oleh Carscoops Josh Byrnes. (Foto: Carscoops)

TOKYO, iNews.id - Toyota dan Subaru (Toyobaru) kembali akan berkolaborasi membangun duo sportcar, Toyota 86 dan Subaru BRZ. Bagaimana spesifikasi kedua mobil kembar generasi berikutnya ini?

Dilansir dari Carscoops, Selasa (14/1/2020), Autocar melaporkan, Toyota telah memutuskan untuk menyebut penerus GT 86 sebagai GR86, menambahkan model lain ke jajaran Gazoo Racing (GR), setelah GR Supra dan Yaris GR-4 yang baru-baru ini diungkap.

Sumber yang sama menyebutkan, generasi baru dari coupe-drive belakang Toyota dan Subaru tersebut akan dibangun di atas arsitektur TNGA. Di mana platform ini menawarkan basis yang lebih kaku dengan pusat gravitasi lebih rendah dibandingkan model saat ini.

Tenaga akan datang dari mesin flat-four 2.4 liter turbocharged yang saat ini digunakan model seperti Legacy, Outback dan Ascent.

Mesin boxer turbocharged menghasilkan tenaga 260 HP dan torsi 277 lb-ft, merupakan peningkatan besar dari model GT 86 dan BRZ saat ini.

Model terbaru diperkirakan memiliki tampilan kabin lebih baik, dengan material kualitas tinggi dan semua teknologi terbaru, termasuk sistem infotainment yang lebih cepat dengan layar lebih besar dan beragam sistem bantuan pengemudi.

Menarik untuk ditunggu bagaimana Toyota dan Subaru akan memposisikan model mereka. Karena mereka tidak ingin terlalu dekat dengan Supra, yang ditawarkan dalam mesin empat silinder entry-level di Jepang. Generasi kedua si kembar Toyobaru ini diharapkan terungkap pada 2021.


Editor : Dani Dahwilani