Boyong Mobil SUV Baru di GIIAS 2025, Mitsubishi Gandeng Garuda dan Kreator Komik
JAKARTA, iNews.id – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggandeng Garuda Indonesia dan kreator komik Tahilalats dalam kolaborasi Sky Explorer. Langkah tersebut sebagai bagian dari rencana peluncuran mobil flagship terbaru Mitsubishi yang akan melantai di GIIAS 2025.
Melalui ajang ini, MMKSI tak hanya mengenalkan model mobil baru, tapi juga menyatukan pengalaman dari udara hingga darat. Kolaborasi ini berlangsung mulai Juli hingga Desember 2025.
“Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Garuda Indonesia—simbol kebanggaan nasional dan maskapai terpercaya bagi masyarakat Indonesia—serta Tahilalats, IP kreatif pop-kultur lokal yang populer, dalam Sky Explorer. Kolaborasi ini merupakan bagian dari strategi kami memperkenalkan model terbaru Mitsubishi Motors, bukan hanya sebagai kendaraan, tapi sebagai bagian dari gaya hidup generasi dinamis masa kini,” ujar Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita, dalam keterangan persnya dilansir Senin (7/7/2025).
Menurut Kurita, program tersebut juga menjadi bagian dari perayaan 55 tahun Mitsubishi Motors di Indonesia. Kolaborasi ini hadir di booth Mitsubishi GIIAS 2025, ICE BSD City, Tangerang, pada 24 Juli - 3 Agustus.
Di sana, pengunjung bisa menikmati customer lounge bertema Sky Explorer dan melihat langsung mobil terbaru dalam suasana yang nyaman dan penuh kreativitas. Tahilalats juga akan menghadirkan konten-konten eksklusif yang menyasar komunitas penggemarnya yang besar.
Direktur Utama Garuda Indonesia, Wamildan Tsani mengatakan, kemitraan ini sekaligus menjadi momentum penting dalam menunjukkan bagaimana inovasi dalam pengembangan Intellectual Property (IP) melalui peluncuran IP Sky Explorer, hasil kolaborasi Garuda Indonesia dan Tahilalats—dapat dioptimalkan sebagai strategi inovatif.

“Kami menyambut baik kolaborasi bersama Mitsubishi Motors yang mencerminkan komitmen bersama dalam menghadirkan nilai tambah layanan pada customer experience kedua entitas,” katanya.
Kementerian Ekonomi Kreatif memberikan dukungan atas kerja sama ini. Kolaborasi tiga pihak ini disebut sebagai contoh nyata sinergi antarindustri yang mampu menghadirkan inovasi berbasis kreativitas lokal.
“Kementerian Ekonomi Kreatif mendukung penuh kolaborasi antara Mitsubishi Motors, Garuda Indonesia, dan Tahilalats melalui Sky Explorer sebagai contoh nyata sinergi kreatif lintas industri,” kata Irene Umar, wakil menteri ekonomi kreatif.
“Kami melihat potensi besar dalam kolaborasi antara industri otomotif, penerbangan, dan konten kreatif seperti komik dan animasi lokal untuk mendorong pertumbuhan berbasis inovasi, serta mengangkat narasi khas Indonesia," ucapnya.
Terkait dengan mobil SUV baru, nama Destinator (DST) sudah dipatenkan Mitsubishi di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Pemilik nama Destinator pada laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) tercantum Mitsubishi Jidosha Kogyo Kabushiki Kaisha. Nama tersebut sama dengan pemilik nama yang mendaftarkan Xpander, Xpander Cross, dan lainnya.
Destinator memiliki tampilan yang hampir mirip dengan Mitsubishi XForce. Desain futuristis modern, dan bentuk yang gagah khas mobil SUV. Kabarnya, Mistubishi DST memiliki tipe mesin yang berbeda dengan XForce dan Xpander, dan dibekali turbo.
Apakah benar demikian? Menarik untuk ditunggu seperti apa wujud mobil baru Mitsubishi ini.
Editor: Dani M Dahwilani