Bukukan Penjualan 97.936 Unit, Mitsubishi Rebut Market Share 10,6 Persen
JAKARTA, iNews.id – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan ritel (dealer ke konsumen) mobil nasional pada Januari-Desember 2022 naik 17,4 persen menjadi 1.013.582 unit pada 2022. Bagaimana dengan penjualan Mitsubishi?
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melaporkan penjualan retail sepanjang 2022 sebanyak 97.936 unit. Atas capaian ini, pabrikan asal Jepang tersebut merebut market share (pangsa pasar) sebesar 10,6 persen.
“Apresiasi yang baik dari konsumen serta capaian kami di tahun 2022 menjadi semangat dan memotivasi kami untuk terus mengimplementasikan komitmen kuat Mitsubishi Motors di Indonesia sebagai pasar yang sangat penting di Kawasan ASEAN," ujar President Director PT MMKSI. Naoya Nakamura dalam keterangan persnya dilansir Selasa (17/1/2022).
Dia menuturkan sepanjang 2022, MMKSI telah banyak memberikan inovasi produk serta layanan. Dari sisi produk, MMKSI menghadirkan model baru New Xpander Cross, dan New L300. Untuk model Pajero Sport, New L300, dan Triton, telah menggunakan mesin berstandar Euro-4.
Di segmen kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 69.629 unit dan kendaraan niaga ringan 28.307 unit. Model Xpander (termasuk Xpander Cross) mendominasi penjualan hingga 51 perrsen, L300 berkontribusi sebesar 19,5 persen, serta Pajero Sport berkontribusi 20 persen.
Adapun L300 memimpin segmen small pick-up 4x2 dengan pangsa pasar lebih dari 55 persen atau terjual 19.161 unit. Mitsubishi Triton memimpin segmen pick-up 4x4 dengan pangsa pasar 40 persen atau terjual sebanyak 9.013 unit.
Xpander (termasuk Xpander Cross) menjaga pangsa pasar di segmen small MPV sebesar 24,4 persen atau terjual sebanyak 49,917 unit. Sementara Pajero Sport mencatat pangsa pasar lebih dari 43,7 persen di segmen medium SUV 2.500 cc (4x2 dan 4x4) dengan penjualan 19.686 unit
Editor: Dani M Dahwilani