Cara Sederhana Mengatasi Suhu Panas dalam Kabin Mobil

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 31 Mei 2018 - 06:37:00 WIB
Cara Sederhana Mengatasi Suhu Panas dalam Kabin Mobil
Langkah sederhana mengembalikan suhu udara adalah dengan memanfaatkan sistem sirkulasi di dalam mobil. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

DEPOK, iNews.id - Memarkirkan mobil di bawah terik matahari akan membuat kondisi kendaraan Anda panas. Tak hanya itu, saat masuk ke dalam mobil suhu udara kabin menjadi pengap dan tidak nyaman. Apa yang harus dilakukan agar udara dalam kabin tidak panas?

Langkah sederhana mengembalikan suhu udara adalah dengan memanfaatkan sistem sirkulasi di dalam mobil. Cara ini dapat dengan mudah menurunkan suhu kabin dengan cepat. Metode tersebut memanfaatkan sistem pendingin udara atau AC dan jendela mobil.

"Bukalah semua jendela pada mobil Anda. Langkah ini bermanfaat untuk mengeluarkan udara panas dari mobil. Selang beberapa saat nyalakan AC, bila ada mode fresh air (biasanya ditandai dengan gambar kabin mobil dengan panah masuk ke gambar mobil) sangat disarankan. Hal ini akan membantu Anda mengusir udara panas dengan udara yang lebih dingin," ujar pemilik bengkel InDaCar, Suryo Pandigoro, saat berbincang-bincang dengan iNews.id, baru-baru ini.

Dia melanjutkan, tunggu beberapa saat hingga udara dalam mobil sedikit sejuk. "Biasanya 1-2 menit sudah cukup. Barulah tutup semua jendela dan kembalikan AC ke posisi recirculate (bertanda kabin mobil dengan panah melingkar). Biarkan jendela sedikit terbuka," kata Suryo.

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menurunkan suhu udara dalam mobil adalah dengan membiarkan jendela sedikit terbuka. Metode ini akan membantu udara dalam mobil tetap tersirkulasi dengan baik. Udara panas akan mengalir menuju bagian atas kaca sehingga suhu udara tetap sama dengan kondisi di luar.

"Untuk pencegahan, sebelum meninggalkan mobil bukalah sedikit jendela. Fungsi membuka sedikit jendela adalah untuk ventilasi agar arus udara bisa lebih lancar. Untuk amannya, cukup buka 1-2 cm saja agar tidak dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab," katanya.

Cara pencegahan lain, bisa menggunakan penghalang penghalang terik matahari. Tapi, pakai yang ringan dan mudah dibongkar pasang.

"Fungsinya hanya melindungi kaca depan atau belakang. Namun, hal itu lebih baik dari pada tidak sama sekali. Roda kemudi dan knop transmisi bisa tetap dingin," ujarnya.

Suryo menambahkan, sebelum meninggalkan mobil bisa juga dengan memasang penutup atau pelindung mobil. Pasang secara menyeluruh pelindung dari bagian bawah hingga atas. Pastikan sesedikit mungkin celah yang bisa dilalui sinar matahari. "Ratakan pemasangan pelindung matahari serata mungkin dari dashboard hingga bagian atas," katanya.

Editor : Dani M Dahwilani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda