Ditutup Kamuflase, Toyota 86 Generasi Terbaru Tertangkap Kamera Mata-Mata

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 11 Agustus 2020 - 08:42 WIB
Ditutup Kamuflase, Toyota 86 Generasi Terbaru Tertangkap Kamera Mata-Mata

Toyota 86 generasi terbaru tertangkap kamera mata-mata tengah diuji jalan di dekat fasilitas R&D Toyota, Michigan, AS. (Foto: Autoevolution)

MICHIGAN, iNews.id - Toyota akan meluncurkan sedan sport 86 dalam waktu dekat. Ini setelah gambar mobil tersebut tertangkap kamera mata-mata tengah diuji jalan di dekat fasilitas R&D Toyota, Michigan, Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Autoevolution, Selasa (11/8/2020), Toyota bakal menyematkan penambahan kode nama pada mobil tersebut, yakni Toyota GR 86 (Gazoo Racing). Pengembangannya akan dilakukan bersama dengan Subaru BRZ.

Meski dibalut kamuflase, ada banyak perubahan yang terlihat pada mobil tersebut bila dibandingkan Toyota GT 86 versi sekarang. Paling menonjol adalah dari sisi desain.

Body dibuat sedikit lebih ringkas mirip dengan Lexus 370Z. Bentuk geometris lampu sangat kontras dengan Toyota Supra yang dibuat lebih rumit.

Meski belum dikonfirmasi, spesifikasi mobil ini sudah menyebar di sejumlah media Jepang. Rumornya, Toyota GR 86 akan dibekali antara mesin turbo 2.0 liter atau mesin FA24 4-silinder, alias mesin boxer baru yang digunakan di Subaru Ascent, Legacy, dan Outback.

Mesin ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga hingga 217 hp dan torsi maksimum 240 Nm. Daya ini lebih besar ketimbang Toyota 86 versi standar yang hanya 205 hp dan torsi 205 Nm.

Di saat Subaru menyumbangkan mesin dalam kerja sama ini, Toyota tetap memanfaatkan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini diyakini akan menjaga karakteristik dari kelincahan mobil di saat performanya meningkat dari generasi sebelumnya.

Editor : Dani Dahwilani