Ford Ciptakan Selimut Mobil Bisa Mengisi Daya Listrik

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 22:21 WIB
Ford Ciptakan Selimut Mobil Bisa Mengisi Daya Listrik

Ford menghadirkan selimut mobil yang dapat menjadi perantara pengisian energi listrik ke baterai kendaraan. (Foto: Electrek)

MICHIGAN, iNews.id - Mobil listrik sepertinya masih belum sepenuhnya diterima masyarakat dunia. Sebab, masih banyak fasilitas yang belum tersedia, seperti lokasi pengisian daya.

Dikutip dari Electrek, Selasa (19/5/2020), masalah ini coba dipecahkan Ford dengan menghadirkan selimut mobil yang dapat menjadi perantara pengisian energi listrik ke baterai mobil.

Ford mengatakan, teknologi dengan nama Solar Cocoons ini masih dalam tahap pengembangan. Selimut mobil tersebut mengandung sel-sel yang biasa ditemukan di panel surya.

Berbeda dengan panel surya pada umumnya, sel ini dibuat fleksibel mengikuti alur desain mobil. Konfigurasinya dilalui secara elektrik, memiliki satu struktur fleksibel, dan bisa diisi udara sehingga mengembang.

Artinya, selimut ini kemungkinan dapat dengan mudah digunakan dan disimpan. Sebab, jika pengaturannya rumit, pemilik mobil listrik lebih memilih mengisi daya secara konvensional.

Sayang, tidak diketahui jumlah sel surya yang terkandung dalam selimut itu. Karenanya belum dapat disimpulkan bagaimana kemampuan dalam menyalurkan energi listrik ke dalam baterai.

Jika melihat desainnya, selimut ini dapat mengisi penuh daya mobil dalam waktu semalam ketika mobil tidak beroperasi dan mobil pertama yang bakal menerima teknologi ini adalah Ford Mustang Mach-E.

Editor : Dani Dahwilani