Hemat Pengeluaran Rp93 Triliun, Audi Akan PHK 9.500 Karyawan

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 29 November 2019 - 12:17 WIB
Hemat Pengeluaran Rp93 Triliun, Audi Akan PHK 9.500 Karyawan

Hemat pengeluaran, brand kendaraan mewah Jerman, Audi berencana memangkas 9.500 karyawan yang bekerja di pabrik Jerman. (Foto: Auto Evolution)

INGOLSTADT, iNews.id - Brand kendaraan mewah Jerman, Audi berencana memangkas 9.500 karyawan yang bekerja di pabrik Jerman. Langkah ini dilakukan untuk menghemat pengeluaran sebesar 6 miliar euro atau sekitar Rp93 triliun (Rp15.515/euro) pada 2029.

Dilansir dari Auto Evolution, Jumat (29/11/2019), perwakilan Audi, Wendelin Gobel mengatakan, semua karyawan yang terkena PHK akan mendapatkan penawaran terbaik. "Kami akan melakukan pergantian karyawan dan program pensiun dini yang menarik," ujarnya.

Selain menghemat pengeluaran, pemangkasan karyawan ini dilakukan Audi karena ingin fokus ke industri mobil ramah lingkungan (listrik). Mereka juga berencana menambah 2.000 tenaga ahli untuk melancarkan rencana tersebut.

"Kami ingin menyelesaikan masalah struktural mempersiapkan Audi melewati tantangan ke depan. Semoga transformasi Audi ini berjalan sesuai rencana sebelum saya mundur," ujar CEO Audi Bram Schot.

Seperti diketahui, dalam waktu dekat pabrikan Jerman tersebut akan mengangkat mantan eksekutif BMW, Markus Duessmann, sebagai CEO baru mulai April 2020.

Pengangkatan Markus Duessmann menggantikan Bram Schot, karena pada Januari lalu, Audi tersandung kasus dieselgate bersama beberapa pabrikan yang tergabung dalam Volkswagen Group.


Editor : Dani Dahwilani