Hengkangnya Datsun dan Chevrolet di Indonesia Jadi Peluang Produsen Mobil Lain

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 13:06 WIB
Hengkangnya Datsun dan Chevrolet di Indonesia Jadi Peluang Produsen Mobil Lain

Datsun Go (Foto: Datsun)

JAKARTA, iNews.id - Industri otomotif Tanah Air sempat bergejolak setelah Datsun dan Chevrolet mengumumkan hengkang dari Indonesia pada 2020. Kepergian dua pemain lama itu akan menjadi celah yang bisa dimanfaatkan produsen mobil di dalam negeri.

Salah satu pengamat otomotif Tanah Air, Bebin Djuana memprediksi beberapa pabrikan seperti Kia, Hyundai, dan Renault yang kembali masuk ke Indonesia dengan strategi baru.

"Ada Hyundai yang akan mendirikan pabriknya di Jawa Barat pada 2020 ini. Kemudian Kia yang juga mengklaim hadir di Indonesia tahun ini serta Renault yang sudah meluncurkan MPV murah," kata Bebin saat dihubungi iNews.id baru-baru ini.

Bebin menambahkan, tak hanya dari Jepang dan Eropa, produsen mobil yang datang dari China seperti Wuling dan DFSK juga masih berpeluang merebut pasar otomotif Tanah Air. Bahkan, peminat mobil Wuling juga sudah mulai banyak.

"Kita lihat Wuling dan DFSK juga sudah mulai diterima konsumen Indonesia. Artinya, dua pabrikan China ini memang serius menggarap industri otomotif Indonesia. Jadi, kepergian Datsun dan Chevrolet tidak akan terasa," katanya.

Kendati demikian, meski banyak pemain baru yang berdatangan, konsumen tetap akan memilih pabrikan yang punya pelayanan dan produk terbaik. Misalnya dari desain mobil atau harga yang terjangkau.

"Kebutuhan alat transportasi di Indonesia masih besar, tapi tampilan pelayanan dan kualitas produk juga sangat penting. Tidak ketinggalan harga dan luasnya jaringan. Tidak mudah perlu kerja keras," ujar Bebin.

Editor : Dini Listiyani