Hyundai Tutup Pabrik di Korea Setelah 1 Pekerja Positif Kena Virus Korona

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 28 Februari 2020 - 17:23 WIB
Hyundai Tutup Pabrik di Korea Setelah 1 Pekerja Positif Kena Virus Korona

Hyundai Motor menutup pabrik di Korea Selatan setelah seorang pekerja dinyatakan positif terkena virus korona. (Foto: Bilaterals)

SEOUL, iNews.id - Hyundai Motor menutup pabrik di Korea Selatan setelah seorang pekerja dinyatakan positif terkena virus korona (covid-19). Kasus ini mengganggu produksi model-model utama, seperti sport utility vehicle (SUV) Palisade, Tucson, Santa Fe.

Dilansir dari Reuters, (28/2/2020), penutupan ini merupakan kemunduran baru bagi Hyundai Motor, yang secara bertahap mulai kembali produksi di pabrik lokal yang dilanda kekurangan suku cadang dari China akibat wabah virus.

Banyaknya orang yang terinfeksi virus korona di Korea Selatan telah memukul Hyundai. Korea Selatan melaporkan terdapat 256 kasus baru, sehingga jumlah total terinfeksi menjadi 2.022 orang.

"Perusahaan juga telah menempatkan kolega yang kontak dekat dengan karyawan terinfeksi dalam karantina dan mengambil langkah-langkah agar mereka diuji kemungkinan terinfeksi," ujar Hyundai Motor dalam rilisnya.

Perusahaan juga mengdesinfektan fasilitas di pabrik. Mereka tidak menyebutkan kapan produksi akan dilanjutkan. Ulsan sebagai pusat produksi berjarak kurang satu jam dari Daegu, pusat wabah virus korona di Korea.

Diketahui, Hyundai mengoperasikan lima pabrik mobil di Ulsan, yang memiliki kapasitas produksi tahunan 1,4 juta kendaraan, atau hampir 30 persen dari produksi global Hyundai. Di mana perusahaan mempekerjakan 34.000 karyawan di kompleks mobil terbesar dunia tersebut.

Sebelumnya, sebuah pabrik yang dikelola pemasok Hyundai Seojin Industrial juga ditutup setelah kematian seorang pekerja yang terinfeksi virus di sana. Pabrik dibuka kembali pada Rabu.

Editor : Dani Dahwilani