Jajal Xpander Cross Terbaru, Penumpang Tinggi 180 Cm Masih Bisa Selonjoran
JAKARTA, iNews.id - Mitsubishi baru saja meluncurkan Xpander Cross facelift di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Model terbaru ini diklaim lebih aman dengan tambahan fitur Active Yaw Control (AYC).
Seperti apa performa New Xpander Cross ini? Jurnalis berkesempatan menjajal mobil tersebut di Indonesia Safety Driving Centre (ISDC), Jl Bhayangkara Pusdiklantas, Serpong, Tangerang Selatan.
Lintasannya cukup menantang, dari mulai track basah, track kering, menghantam speed dump, berputar 360 derajat di track kering, melaju zigzag, berputar 360 derajat di track basah, hingga melintasi turunan dan tanjakan.
Duduk di kursi baris kedua, spacenya terasa sangat luas. Dengan tinggi badan 180 cm kaki jurnalis bisa sedikit selonjotan dengan nyaman. Namun, saat menghamtam speed dump masih sangat terasa. Ini mungkin karena itu dilakukan dalam kecepatan tinggi.
Namun yang jadi nilai plusnya kedap suara. Secara keseluruhan, lintasan mampu dilibas dengan cukup nyaman dari kursi penumpang. Apabila dibawa normal untuk kebutuhan harian, Xpander Cross facelift rasanya akan sangat nyaman.
Beralih ke ruang kemudi, keunggulan Xpander Cross facelift dirasakan ketika di lintasan berputar 360 derajat. Fitur AYC bekerja sangat baik untuk memenimalisir radius putaran. Jika mobil kebanyakan akan bergerak melebar ketika di lintasan seperti ini, Mitsubishi Xpander Cross akan berbelok dengan sangat stabil sesuai dengan jalurnya. Kemampuan ini juga didukung oleh shock breaker baru yang digunakan.
Shock breaker Xpander Cross facelift ukurannya lebih besar dari model sebelumnya. Dimensinya sama dengan yang digunakan SUV Pajero Sport.

Melintasi jalan tanjakan dan turunan. Kami mencoba membuktikan kemampuan fitur break auto hold yang berfungsi pengereman otomatis tanpa harus terus menerus menginjak pedal rem.
Ketika di tanjakan, mobil berhenti pengendara akan menahan dengan menginjak pedal rem, namun dengan fitur break auto hold aktif, rem hanya perlu diinjak satu kali kemudian kaki bisa dilepas. Kami mencoba selama 20 detik dan mobil tidak turun.
Fitur ini sangat berguna di lintasan menanjak dan menurun seperti puncak. Jadi meskipun kondisi lalu lintas macet, tidak perlu lagi menahan rem. Otomatis tidak banyak energi yang terbuang ketika mengemudi.
Untuk diketahui, Mitsubishi Xpander Cross dijual dengan harga Rp309.950.000 tipe MT dan Rp335.750.000 tipe Premium Package CVT on the road (OTR) Jakarta. Mobil tersebut tersedia dalam empat pilihan warna (warna putih lebih mahal Rp1.500.000).
Editor: Dani M Dahwilani