Jangan Asal Pilih Mobil, Ini Perbedaan SUV, Crossover, dan Hatchback
JAKARTA, iNews.id- Tahukah Anda seperti apa bentuk mobil modern pertama yang ada di dunia? Mobil memang pertama kali diciptakan pada 1769 oleh ilmuwan dari Prancis, Nicolas J Cugnot.
Saat itu desain mobil buatan Nicolas J Cugnot sangat unik. Hanya berupa sasis yang terbuat dari kayu dan dilengkapi tiga roda. Mobil buatan Nicolas J Cugnot itu bisa dikatakan mirip dengan gerobak. Jadi sangat jauh dikatakan moderen.
Mobil moderen pertama justru dibuat oleh Henry Ford pada 1908. Saat itu mobil buatannya Ford Model T dibuat dengan cara yang sangat sistematis. Produksinya dilakukan secara massal dan desainnya juga sangat layak untuk dikendarai.
Dari situ akhirnya desain mobil moderen terus berkembang cepat. Seiring waktu banyak desainer mobil membuat kendaraan roda empat yang disesuaikan dengan fungsinya.
Hal itu dilakukan agar mobil yang dibuat bisa lebih maksimal dan sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Dari situ akhirnya muncul nama-nama jenis mobil yang didasarkan pada tipe bodi mobil.
Maka hadirlah jenis-jenis mobil seperti SUV, Hatchback, dan Crossover. Kebetulan di Indonesia tiga jenis mobil itu sangat disukai.
Masalahnya, di antara ketiga tipe mobil itu, terdapat beberapa perbedaan yang kadang sedikit membingungkan konsumen yang saat membedakan karakter mereka. Apalagi bagi masyarakat awam atau orang yang baru mengenal dunia otomotif, khususnya mobil.
Oleh karena itu, agar tidak bingung atau tertukar dalam mengenali mobil tipe SUV, Hatchback, dan Crossover, yuk, simak ulasan berikut ini.
1. SUV (Sport Utility Vehicle)

SUV merupakan salah satu kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Mobil ini mempunyai keunggulan utama, yaitu dapat menerjang segala medan jalanan, baik on-road maupun off-road. Jika dilihat dari tampilan luar, SUV memiliki bodi yang bongsor dan tinggi. Hal itu disebabkan oleh suspensi dan dimensi ban yang cukup besar.
Selain itu, mobil tipe ini rata-rata dibekali dengan kapasitas mesin yang cukup besar. Lalu, pada bagian interior, kabin mobil SUV juga terbilang luas dan dapat menampung sekitar 5 sampai 7 orang penumpang di dalamnya.
Namun, berdasarkan rangka pembentuknya atau sasis , mobil SUV dibedakan menjadi monokok dan ladder frame. Perbedaan di antara keduanya dapat dilihat dari sistem penggerak roda yang digunakan.
Untuk SUV monokok atau disebut juga compact SUV (urban SUV), biasanya mengandalkan sistem penggerak roda depan (FWD) atau semua roda (AWD), yang banyak dijadikan sebagai mobil perkotaan.
Sedangkan SUV ladder frame (truck based chassis) kebanyakan menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD), yang mempunyai kemampuan untuk menerjang segala medan.
2. Crossover

Dilansir dari berbagai sumber, Crossover adalah tipe mobil yang berada di antara SUV dan MPV. Apabila kita melihat pada tampilan bodinya, Crossover mempunyai desain yang tidak jauh berbeda dengan SUV.
Tampilan Crossover didesain dengan ground clearance yang sedikit lebih rendah daripada SUV pada umumnya. Lalu, Crossover juga menggunakan struktur unibody atau monokok, yang secara otomatis menghasilkan bobot lebih ringan. Tipe ini rata-rata menggunakan penggerak roda depan sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.
3. Hatchback

Selain SUV dan crossover, tipe mobil lainnya yang sering terlihat lalu-lalang di jalanan adalah hatchback. Mobil compact ini berbasis sedan yang dapat menampung sekitar 4—5 orang penumpang. Bedanya, hatchback tidak memiliki buntut layaknya sedan. Bagasinya menyatu dengan kabin.
Biasanya, hatchback banyak digunakan sebagai kendaraan harian, terutama di jalanan perkotaan yang mengharuskan pengemudi untuk stop and go selama perjalanan. Dengan memanfaatkan ukurannya yang kecil, hatchback sangat mendukung pengendara, terutama saat keadaan macet atau melewati jalanan sempit.
Contoh mobil Hatchback yang banyak digunakan ialah mobil Toyota Yaris, Toyota Agya, Daihatsu Sirion, dan Ayla.
Editor: Ismet Humaedi